Dinilai Baik Bagi Pemerintahan, PAN Dukung Wacana Dibentuknya Presidential Club

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 05 Mei 2024 | 21:53 WIB
Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay (SinPo.id/Parlementaria)
Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan pihaknya akan mendukung semua agenda dari presiden terpilih, Prabowo Subianto, yang baru-baru ini mengungkapkan rencananya untuk membentuk Presidential Club.

Presidential Club atau kegiatan silaturahmi antara seluruh mantan presiden RI tersebut dinilai baik bagi pemerintahan karena dapat menjadi wadah untuk memberikan masukan dan evaluasi kepada pemerintahan baru.

"Kalau ada silaturahmi, pasti ada tukar pikiran, ada diskusi. Ada kritik dan evaluasi. Ada masukan untuk perbaikan. Semua itu tentu baik bagi pemerintah yang sedang menjalankan amanah," kata Saleh melalui keterangan persnya, Minggu 5 Mei 2024.

Meski demikian, Presidential Club dinilai akan sulit terlaksana, karena banyaknya faktor penghambat, seperti adanya kesibukan masing-masing, dan adanya perbedaan lingkup pemikiran dalam membangun Indonesia.

"Dari pilpres kemarin aja kita sudah bisa melihat adanya perbedaan lingkup pemikiran dalam membangun Indonesia. Ada yang ingin perubahan, ada yang ingin keberlanjutan dan penyempurnaan, serta ada yang ingin perubahan dan perbaikan," jelasnya.

Oleh karena itu, kata Saleh, menyelenggarakan Presidential Club memerlukan perlu usaha dan kesungguhan untuk menghadirkan semuanya. Terlebih faktor teknis, ideologis, dan sosial politik juga bisa menjadi hambatan.

"Semua orang bisa membaca posisi ideologis dan sosial politik semua mantan presiden kita. Kalau mau jujur, di antara mereka kadang ada persoalan komunikasi yang selama ini terkesan terputus, dan itu tidak mudah untuk dijalin kembali," ungkapnya.sinpo

Komentar: