Tuntaskan Masalah Pinjol, OJK Diminta Beri Edukasi pada Masyarakat Secara Masif

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 02 Mei 2024 | 22:24 WIB
Waketum Partai Golkar Melchias Marcus Mekeng (SinPo.id/ Parlementaria)
Waketum Partai Golkar Melchias Marcus Mekeng (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng, meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada masyarakat mengenai dampak dan risiko pinjaman online (pinjol), agar seluruh permasalahan terkait pinjol dapat dituntaskan.

"Menurut hemat saya yang harus diperkuat dari OJK adalah sosialisasi. Sosialisasi itu harus lebih banyak masuk ke media-media, media cetak, media TV, media online, semua dan secara masif," kata Melchias, dikutip pada Kamis, 2 Mei 2024.

"Jadi masyarakat itu aware bahwa memang ini salah satu produk dunia keuangan yang cepat dan praktis, tapi di lain pihak masyarakat juga harus tahu dampak dan resiko dari pinjol itu," lanjutnya.

Menurutnya, banyak masyarakat yang tergiur dengan pinjol lantaran tak perlu adanya jaminan, dan prosesnya juga tidak begitu susah. Sehingga menjanjikan kebutuhan segera masyarakat yang sedang dalam keadaan urgen. Namun pemilik dana akan menagih dengan keras dan ketat setelahnya.

"Jadi, mau seketat apapun aturan dibuat tapi kalau masyarakat tidak diberikan edukasi yang memadahi tetep aja akan terjadi masalah," katanya.sinpo

Komentar: