Pendaftaran Segera Dibuka, Pemerintah Siapkan 1,28 Juta Formasi ASN

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 01 Mei 2024 | 02:16 WIB
Ilustrasi ASN (SinPo.id/Sekretariat Kabinet)
Ilustrasi ASN (SinPo.id/Sekretariat Kabinet)

SinPo.id - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menetapkan 1,28 juta formasi untuk rekrutmen calon Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, jumlah tersebut merupakan formasi tahap awal untuk memenuhi kebutuhan 2,3 juta ASN. Meski jumlah formasi telah ditetapkan, verifikasi dan validasi rincian formasi ASN belum selesai.

"Kami harap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang belum merampungkan input di sistem Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelesaikan agar pendaftaran CASN segera dibuka karena sudah ditunggu-tunggu publik," ujar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 30 April 2024.

Anas mengatakan ada sebagian K/L dan Pemda yang belum merampungkan pengisian detail dari formasi yang telah ditetapkan Kementerian PANRB. Namun, ia meyakini akan rampung dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, Anas menjelaskan formasi CASN sebanyak 1,28 juta terdiri atas 75 kementerian dan lembaga sebanyak 427.850, serta 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate; serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang telah masuk basis data (database) BKN.

"Jadi seluruh CASN ini adalah talenta digital yang harus punya basic knowledge terkait digitalisasi. Harapannya CASN yang direkrut nanti bisa melanjutkan digital leadership," tandasnya.sinpo

Komentar: