Sesama TKI di Korea Selatan Terlibat Perkelahian, Satu Orang Tewas

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 30 April 2024 | 19:41 WIB
Ilustrasi perkelahian (SinPo.id/Istimewa)
Ilustrasi perkelahian (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Judha Nugraha, mengabarkan bahwa telah terjadi perkelahian antar sesama  Warga Negara Indonesia (WNI) di Korea Selatan (Korsel), yang menyebabkan satu orang wafat, akibat ditusuk, dan empat lainnya mengalami luka-luka. 

Perkelahian itu terjadi di Dalseo-gu, Daegu, Korsel, pada Minggu waktu setempat. 

"Perkelahian itu menyebabkan satu WNI meninggal dunia dan empat WNI luka-luka. Kepolisian Korsel juga telah menahan satu WNI terduga pelaku penusukan," kata Judha kepada wartawan pada Selasa, 30 April 2024. 

Judha mengatakan, KBRI Seoul telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat, tokoh masyarakat/perkumpulan WNI, serta Forum Komunikasi Organisasi-organisasi Massa (Fokomasi) untuk menenangkan situasi. Saat ini, satu orang WNI terduga pelaku penusukan telah ditahan.

Polisi setempat pun masih mengusut penyebab kasus tersebut. Dan, sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. 

"Hingga saat ini penyelidikan masih terus dilakukan polisi setempat. Belum diketahui dengan jelas penyebab perkelahian," kata dia.

Judha mengimbau para WNI di Korea Selatan untuk menjaga suasana tenang dan kondusif. 

"Kemlu dan KBRI Seoul mengimbau para WNI di Korea Selatan, khususnya para kelompok yang terlibat perselisihan, untuk menghentikan perselisihan dan menciptakan suasana kondusif," tukasnya. sinpo

Komentar: