PKS Siap Koalisi dengan PKB di Pilkada Serentak 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 26 April 2024 | 11:58 WIB
Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi. (SinPo.id/Dok. PKS)
Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi. (SinPo.id/Dok. PKS)

SinPo.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan siap berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Siap kolaborasi di Pilkada ya, saya tawarkan PKB kalau ingin ambil jadi Gubernur kita tawarkan," ujar Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi dalam keterangannya pada Jumat, 26 April 2024.

Menurut Aboe, PKS berkomitmen membantu PKB memenangkan Pilkada yang merupakan bagian dari basis suara , seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kita siap dan kita akan bekerjasama di banyak daerah khusus di Jawa Timur, Jawa Tengah markas-markasnya PKB kita siap membantu, dan selanjutnya kita akan coba ke depan membangun kerjasama di parlemen," ungkap dia. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut partainya berpeluang besar akan bekerja sama dengan PKS di Pilkada Jakarta. 

Menurut Jazilul, PKB dan PKS telah memenuhi syarat untuk mengusung satu pasangan calon dengan 22 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta.

"PKB punya 10 kursi dan PKS punya 18 kursi. Jadi lebih dari cukup," tuturnya. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, PKB telah mempersiapkan dua kader untuk maju di Pilkada Jakarta 2024 mendatang. 

Dua kader PKB tersebut, kata dia, Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas dan Menteri Ketenagakerjaan sekaliugs anggota DPR RI terpilih 2024-2029, Ida Fauziyah.sinpo

Komentar: