PERDAGANGAN INDONESIA

Indonesia-Vietnam Targetkan Nilai Perdagangan USD 18 Miliar di Tahun 2028

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 25 April 2024 | 22:50 WIB
Menlu Retno Marsudi (SinPo.id/ Ashar)
Menlu Retno Marsudi (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menlu RI Retno Marsudi mengatakan, Indonesia-Vietnam telah sepakat meningkatkan target nilai perdagangan bilateral, dari yang semula sebesar USD 15 miliar, menjadi USD 18 miliar atau lebih pada tahun 2028.

"Untuk mencapai target ini, kedua negara perlu terus mengurangi hambatan dagang dan segera menuntaskan perjanjian ketahanan pangan serta mengoptimalkan peran Joint Committee on Economic, Scientific and Technical Cooperation (JC-ESTC)," kata Menlu Retno dalam pernyataan persnya, Kamis 25 April 2024.

Dalam pertemuan dengan Menlu Vietnam Bui Thanh Son, Indonesia dan Vietnam juga sepakat untuk meningkatkan status kemitraan dari Kemiteraan Strategis menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

Di bidang keamanan, Menlu mendorong penguatan kerja sama untuk mengatasi kejahatan transnasional yang meningkat, terutama kasus perdagangan orang terkait online scams. Kemudian di sektor maritim, Menlu mendorong penguatan kerja sama guna menanangani penangakapan ikan secara ilegal.

Selain itu, kedua negara juga sepakat menjalin kerja sama di sektor energi, kesehatan, pariwisata, dan pendidikan. Terakhie kedua negara sepakat untuk terus bekerja sama dalam memelihara perdamaian, stabilitas dan kemakmuran Asia Tenggara, serta Indo Pasifik.sinpo

Komentar: