PAN: Pilpres Selesai, Saatnya Bersatu Menjemput Masa Depan Lebih Baik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 23 April 2024 | 16:52 WIB
Ketum PAN Zulhas (SinPo.id/Nusantra)
Ketum PAN Zulhas (SinPo.id/Nusantra)

SinPo.id - Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengajak semua pihak untuk kembali bersatu usai Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan sengketa Pilpres 2024. Sebab, puncak dari kontestasi politik lima tahunan ditandai dengan keputusan MK.

"Saya kira pilpres puncaknya itu di MK. Jadi kalau MK sudah memutuskan, besok akan ditetapkan KPU, saya kira proses politiknya selesai. Enggak akan ada lagi yang lain, selesai," kata Zulhas di kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa, 23 April 2024.

Zulhas menyebut sejumlah pihak juga sudah menerima putusan tersebut. Dengan begitu, pilpres hanya tinggal menunggu menunggu penetapan oleh KPU.

"Dan kalau kita lihat hari ini kan semua pihak juga sudah menerima. Jadi final, selesai," ucapnya.

Zulhas enggan menanggapi lebih jauh saat disinggung wartawan soal nasib hak angket. Menurutnya, saat ini semua pihak harus fokus melanjutkan pemerintahan yang sudah berjalan dengan baik untuk menjemput masa depan Indonesia.

"Saya kira tadi kalau proses pilpres sudah selesai, final ya sudah. Saatnya kita bareng-bareng, saatnya kita bersatu untuk menjemput masa depan yang lebih baik," ujar Zulhas.

Sebelumnya, MK memutus dua perkara sengketa Pilpres 2024 yang diajukan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Sidang pembacaan putusan dipimpin oleh Ketua MK Suhartoyo.

Dalam amar putusannya, MK menolak seluruh permohonan yang diajukan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Pranowo. MK berpandangan seluruh permohonan kedua kubu tersebut tidak beralasan menurut hukum.sinpo

Komentar: