Iran dan Pakistan Kecam Israel Atas Dugaan Genosida di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 23 April 2024 | 09:29 WIB
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif saat bertemu di Islamabad. (SinPo.id/AP)
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif saat bertemu di Islamabad. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Presiden Iran Ebrahim Raisi, dan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif, mengecam tindakan Israel atas dugaan genosida di Gaza dalam pidato mereka usai keduanya melakukan pertemuan di ibu kota, Islamabad.

“Kami menghormati rakyat dan pemerintah Pakistan yang muak dengan penindasan yang dilakukan terhadap rakyat Gaza, dan genosida, serta pembunuhan anak-anak oleh rezim Zionis Israel dengan dukungan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya,” kata Raisi, dilansir dari VoA pada Selasa 23 April 2024.

Di samping itu, Sharif memuji posisi tegas Teheran terhadap serangan Israel yang hingga saat ini masih berlangsung di Gaza. Ia juga mengecam serangan brutal pasuka Israel terhadap warga Palestina.

“Bahkan saat ini, resolusi Dewan Keamanan PBB dilanggar dan dunia diam terhadap hal tersebut,” kata pemimpin Pakistan tersebut, mengacu pada resolusi Dewan Keamanan yang diadopsi pada tanggal 25 Maret yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza.

Oleh karena itu, Sharif mendesak semua negara Muslim untuk bekerja sama melalui berbagai platform internasional, termasuk Organisasi Kerja Sama Islam, agar perang di Gaza yang meletus sejak enam bulan lalu dapat segera dihentikan.

Seperti diketahui, kunjungan Raisi ke Pakistan dilakukan setelah Iran melancarkan serangan langsung ke Israel dengan menembakkan lebih dari 300 drone dan rudal. 

Teheran mengatakan, tindakan militer tersebut merupakan respons atas dugaan serangan Israel pada 1 April terhadap kompleks diplomatik Iran di Suriah yang menewaskan tujuh anggota pasukan elit Garda Revolusi Iran, termasuk dua jenderal.sinpo

Komentar: