Beda Sikap dengan Prabowo, Anies Justru Persilakan Pendukung Aksi di MK

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 20 April 2024 | 19:43 WIB
Anies Baswedan (SinPo.id/ist)
Anies Baswedan (SinPo.id/ist)

SinPo.id - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mempersilakan pendukungnya menggelar aksi jelang putusan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Anies tak masalah pendukungnya berdemonstrasi asal tertib.

"Ini adalah negara yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi. Karena itu kebebasan berekspresi dihormati dan itu artinya menghormati sesama yang berekspresi," kata Anies usai acara halalbihalal di rumah dinas Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024.

Dia mengatakan individu yang hadir ke lokasi aksi unjuk rasa juga harus punya tanggung jawab menjaga ketertiban hingga kedamaian.

"Jadi bagi siapapun yang merasa ikut bertanggung jawab mau hadir, maka hormati sesama, ikuti semua aturan, tertib, aman, damai," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden RI terpilih Prabowo Subianto meminta seluruh pendukungnya tak menggelar aksi apapun di MK. Termasuk, di tempat-tempat lain yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat.

"Saudara-saudara sekalian, saya Prabowo Subianto meminta dengan sungguh-sungguh kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya 96,2 juta rakyat Indonesia yang telah memilih pasangan Prabowo-Gibran, untuk tidak melakukan aksi apa pun di depan gedung Mahkamah Konstitusi ataupun di tempat-tempat lain, apalagi di jalanan," kata Prabowo dalam video yang diterima wartawan.

Prabowo mengajak 96,2 juta masyarakat yang memilihnya pada Pilpres 2024 menahan diri. Pendukung Prabowo-Gibran Rakabuming Raka diharap bisa menjaga kerukunan di Tanah Air.

"Demi menjaga kesejukan demokrasi, menjaga persatuan dan keutuhan bangsa menjaga kerukunan antarseluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.sinpo

Komentar: