Legislator PKS: Penjajahan Israel Akar Konflik di Timur Tengah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 19 April 2024 | 20:29 WIB
Konflik di Gaza (SinPo.id/Reuters)
Konflik di Gaza (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyebut penjajahan Israel terhadap Palestina merupakan akar konflik di Timur Tengah sekarang. Penjajahan itu harus disudahi karena berdampak terhadap beberapa konflik, teranyat perang Israel versus Iran.

Dia menilai Israel telah melakukan pelaparan terhadap penduduk Gaza, Palestina. Pelaparan itu bahkan berujung pada malnutrisi ribuan penduduk yang mati pelan-pelan.

"Ini tindakan kejahatan kemanusiaan dan menjadi masuk kategori genosida. Sehingga dari sini saja Israel ini sudah layak untuk menjadi Negara Pariah (yang) tidak perlu mendapat pembelaan dari negara lain. Jadi kita berharap, akar masalahnya ini segera selesai," tegas Sukamta dalam keterangannya, Jakarta, Jumat, 19 April 2024.

Negara Pariah adalah negara yang dianggap tersingkir dalam komunitas internasional. Negara pariah mengalami isolasi internasional, sanksi, atau bahkan invasi oleh negara-negara yang menganggap kebijakan, aksi, atau keberadaannya sendiri tak dapat diterima.

Adapun secara ekonomi, maka efek dari perang Iran tersebut akan terasa. Misalnya, dimulai dari harga minyak yang akan naik dan juga diikuti dengan kenaikan nilai tukar dollar, di luar yang sekarang terjadi karena The Fed menaikkan suku bunga.

"Jadi nanti kalau itu nanti dikombinasi dengan instabilitas di kawasan Timur Tengah dan juga kenaikan harga minyak, pasti itu akan sangat serius dampaknya bagi ekonomi negara-negara lain termasuk Indonesia," tegas legislator Fraksi PKS itu. sinpo

Komentar: