Serangan Udara Israel Tewaskan Anggota Hizbullah di Lebanon

Oleh: VOA INDONESIA
Jumat, 19 April 2024 | 07:33 WIB
Pesawat (pixabay)
Pesawat (pixabay)

SinPo.id -  Militer Israel, Kamis 18 April 2024 mengatakan pasukannya melancarkan serangan udara di Jalur Gaza dengan menargetkan infrastruktur dan para anggota Hamas. Serangan udara yang dilancarkan militer Israel juga menewaskan dua militan Hizbullah di Lebanon Selatan.

Serangan di Lebanon merupakan yang pertempuran lintas batas terbaru antara Israel dan Hizbullah yang menimbulkan kekhawatiran mengenai meluasnya perang Israel-Hamas di Gaza.

Kantor berita AFP mengutip Hizbullah yang juga mengatakan dua anggotanya tewas dalam serangan Israel di Kfar Kila.

Israel mengatakan 14 tentaranya terluka hari Rabu dalam serangan Hizbullan di Israel Utara.

Keanggotaan Palestina di PBB

Dewan Keamanan PBB sedang mempersiapkan pemungutan suara mengenai resolusi yang merekomendasikan status Keanggotaan penuh bagi Otoritas Palestina.

Jika Dewan Keamanan merekomendasikan permohonan Otoritas Palestina, Majelis Umum PBB dapat menyetujuinya dengan suara mayoritas dua per tiga.

Tetapi nasib langkah tersebut di Dewan Keamanan tidak jelas, dengan AS memiliki posisi sebagai salah satu pemegang hak veto di dewan tersebut.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan dalam kunjungannya ke Korea Selatan, Rabu, bahwa AS tidak melihat resolusi itu sebagai jalur menuju solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

Gaza sedang di ambang kelaparan, lapor banyak badan bantuan. Namun, AS dan Israel menyatakan akses ke bantuan telah meningkat bulan ini. Truk-truk makanan memasuki Pelabuhan Ashdod, Gaza, untuk pertama kalinya sejak Israel menyetujui pembukaannya untuk pengiriman bantuan, kata militer Israel, Rabu.

Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan tindakan militer Israel telah membunuh hampir 34 ribu orang Palestina sejak perang dimulai. Kementerian itu mengatakan dua per tiga dari yang tewas adalah perempuan dan anak-anak. [uh/ab]sinpo

Komentar: