Petik Laut Bukti Eksistensi Budaya Bahari di Kabupaten Pasuruan

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 18 April 2024 | 07:12 WIB
Prokompim Kabupaten Pasuruan
Prokompim Kabupaten Pasuruan

SinPo.id -  Petik Laut di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur merupakan agenda tahunan yang harus tetap dilestarikan. Eksistensi budaya bahari tradisi Petik Laut akan tetap ada dan diselenggarakan hingga di tahun-tahun berikutnya.

Petik Laut diawali dengan prosesi pra-acara seperti tumpengan dan doa bersama Perangkat Desa Kalirejo, tokoh masyarakat, para nelayan dan warga sekitar. Keseruan tradisi budaya yang digelar setiap Hari Raya Ketupat tersebut semakin terasa ketika Pj. Bupati Andriyanto beserta jajaran yang turut hadir, mengikuti prosesi larung hasil bumi yang ditengah laut Kalirejo.

Semakin menggenapi kegembiraan suasana "Praon" yang juga merupakan tradisi masyarakat pesisir Kabupaten Pasuruan yang tak lekang dimakan zaman

Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan akan terus berupaya mengeksplorasi sekaligus mendukung secara penuh pengembangan potensi budaya yang ada. Utamanya di kawasan pesisir.

"Tidak perlu berpikir kalau dianaktirikan. Kami hadir disini yang artinya Pemerintah Daerah memperhatikan," kata Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto pada Rabu 17 April 2024

Pj. Bupati Pasuruan mengapresiasi penyelenggaraan agenda potensi wisata pesisir yang dihelat secara mandiri oleh swadaya masyarakat Desa setempat. Meski belum dapat membantu dari segi dukungan finansial pelaksanaan, Pemerintah Daerah tetap akan memberikan atensi dalam bentuk dukungan lainnya.

Misalnya dalam hal kebersihan lingkungan dengan menerjunkan Dinas Lingkungan Hidup untuk membantu mengatasi masalah sampah di bibir pantai.

"Memang bukan persoalan sulitnya menggalang dana, tetapi anggaran itu harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Karena ada aturan yang mengatur didalamnya. Tapi kami akan berupaya melihat secara penuh Desa Kalirejo ini. Semisal ada sampah, akan kami tugaskan Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan," katanya.

Lebih lanjut, Pj. Bupati Andriyanto juga mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara tersebut. Sekaligus meminta masyarakat agar tidak berfikir Desanya tidak diperhatikan oleh Pemerintah Daerah.

Dengan kehadirannya bersama Sekretaris Daerah dan jajaran Kepala Perangkat Daerah terkait dalam acara tersebut sebagai pertanda jika Pemerintah Daerah memperhatikan semua yang ada di Kabupaten Pasuruan. Termasuk diantaranya di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton.


sinpo

Komentar: