GUGATAN PHPU MK

Idrus Marham Optimis MK Tolak Gugatan Kubu Anies dan Ganjar

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 12 April 2024 | 19:40 WIB
Ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar Idrus Marham (Sinpo.id/ Dok. Golkar)
Ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar Idrus Marham (Sinpo.id/ Dok. Golkar)

SinPo.id - Ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar Idrus Marham mengaku optimis, Mahkamah Konstitusi (MK) akan menolak gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 yang diajukan oleh kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. MK, diketahui akan mengumumkan hasil sengketa pilpres pada 22 April mendatang.

"Secara norma hukum, kita tidak bicara etika, kita bicara norma hukum dari pertimbangan itu, usulan atau gugatan (Anies dan Ganjar) ditolak. Saya punya keyakinan itu dengan pertimbangan rasional fakta dan norma-norma hukum," kata Idrus di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 12 April 2024.

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu menganggap, pihak yang mendesak agar MK berani melakukan terobosan hukum, justru berpotensi menimbulkan gejolak baru.

"Saya berpandangan bahwa pada perspektif politik praktis itu justru menimbulkan masalah baru bahkan bisa memicunya gerakan-gerakan lain yang tidak boleh terjadi," ucapnya.

Lebih lanjut, Idrus mengusulkan, untuk ke depan, memang perlu diatur penataan sistem pemerintahan yang lebih. Sehingga, tak ada lagi pihak yang menggugat proses Pilpres.

"Usulan saya adalah berdasarkan pertimbangan rasional faktual dan norma ditolak, tetapi narasi narasi yang dibangun oleh teman-teman, pikiran-pikiran yang ada dan fakta-fakta lapangan sangat terbatas, itu dijadikan dasar sekaligus momentum untuk apa, untuk melakukan penataan sistem ketatanegaraan kita ke depan, untuk melakukan penataan sistem pemerintahan kita ke depan," tukasnya.sinpo

Komentar: