Naik 30 Persen, Whoosh Angkut 26 Ribu Penumpang Selama Lebaran
SinPo.id - Corporate Secretary PT Kereta Cepat Jakarta China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, selama periode Lebaran 2024, jumlah penumpang kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung mengalami peningkatan 30 persen. Bahkan, KCIC mencatat telah membawa 26 ribu penumpang.
"Pada hari lebaran KCIC memberangkatkan sebanyak 26 ribu penumpang. Jumlah ini naik sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan masa normal sebelum angkutan Lebaran," kata Eva di Jakarta pada Jumat, 12 April 2024
Eva menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang ini terutama terjadi pada keberangkatan dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang maupun Tegalluar. Peningkatan ini terlihat sejak Rabu siang dan Kamis kemarin.
"Setelah melakukan Salat Id, terlihat banyak penumpang yang langsung menggunakan Whoosh untuk bersilaturahmi ke keluarga ataupun berwisata dan berlibur ke kota Bandung dan sebaliknya," tuturnya.
Berdasarkan pantauan, pada jam dan rute favorit yaitu Keberangkatan Halim pada Kamis 11 April 2024, keberangkatan mulai pukul 07.55, 08.20, sampai 12.00 WIB terus dipadati penumpang.
Tingkat okupansi pada jam favorit tersebut mencapai 80 sampai 95 persen.
Penjualan tiket tanggal 12 April 2024 juga sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Di mana pada jam jam favorit sudah menunjukkan angka 85 persen.
Eva menjelaskan, jarak antara jadwal atau headway Whoosh di jam sibuk mencapai 25-30 menit, sehingga membuat penumpang mendapatkan fleksibilitas yang tinggi.
Lebih jauh, KCIC mengimbau para penumpang untuk mematuhi ketentuan terkait barang bawaannya agar kenyamanan seluruh penumpang dapat terjaga.
Setiap penumpang hanya dapat membawa bagasi sebanyak 3 barang dengan dimensi maksimal yaitu 100 cm x 30 cm x 40 cm dengan berat total maksimum 20 kg.
Tiga barang tersebut dapat berupa 2 koper atau dus dan 1 ransel atas tas tangan.
Selain itu, penumpang juga dilarang membawa hewan, narkotika, senjata api dan tajam, barang mudah terbakar, barang berbau tajam, dan barang yang tidak diperbolehkan petugas dan peraturan perundang-undangan.
Penumpang diharapkan untuk mengatur waktu perjalanan menuju ke Stasiun Whoosh agar datang setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.
Eva mengkhawatirkan, penumpang tertinggal Whoosh karena gate boarding akan ditutup 5 menit sebelum kereta diberangkatkan demi alasan keselamatan.
Untuk melakukan pemesanan tiket, masyarakat dapat bertransaksi melalui aplikasi Whoosh maupun situs web resmi ticket.kcic.co.id.
Untuk saat ini pembelian melalui 2 channel tersebut sudah memiliki fitur pembatalan dan perubahan jadwal secara online.
"KCIC terus mempersiapkan pelayanan sebaik mungkin pasca lebaran. Inovasi terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan-kemudahan penumpang yang akan menikmati layanan Whoosh," pungkas Eva.