MUDIK LEBARAN 2024

Kapolri: Puncak Arus Mudik Terlampaui dengan Baik

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 09 April 2024 | 10:18 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Humas Polri)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan puncak arus mudik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 dapat terlampaui dengan baik. Adapun puncak arus mudik tahun ini terjadi pada H-4 Lebaran. 

"Jadi tadi dilaporkan bahwa terjadi persebaran, penambahan jumlah sekitar 6 sampai 7 persen dibandingkan mudik tahun 2023. Namun untuk puncak arus mudiknya bisa terlampaui dengan baik," kata Sigit dalam keterangannya dikutip Selasa, 9 April 2024.

Menurut Sigit, ada pergeseran puncak arus mudik di tahun 2024 ini dibanding pada 2023. Dia mengatakan, mudik tahun ini sudah terorganisasi dengan bagus dibanding pada tahun lalu.

"Jadi kalau 2023 di H-3 kalau ini bergeser di H-4 dengan tingkat puncak arus mudiknya yang turun dan ini tersebar di hari-hari sebelumnya. Secara manajemen ini sudah bagus," ungkap dia.

Sigit berujar, penanganan arus mudik tahun ini juga berimplikasi pada waktu tempuh pemudik menjadi lebih cepat dari biasanya.

"Dan juga terjadi peningkatan kecepatan. Untuk pencapaian dari mulai start sampai dengan Jawa Tengah, yang biasanya 8 jam, kali ini menjadi 6 hingga 7 jam. Jadi, ada perbaikan," tuturnya. 

Lebih lanjut, Sigit mengungkapkan, hasil evaluasi sementara arus mudik menjadi bahan untuk persiapan menghadapi arus balik yang diprediksi terjadi pada tanggal 15 dan 16 April 2024.

"Demikian juga dengan arus balik yang akan kita hadapi sebentar lagi," ujar Sigit. sinpo

Komentar: