MUI Respons Tudingan Wanda Hamidah soal Menu Buka Puasa Istiqlal dari Brand Pro-Israel

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 07 April 2024 | 14:58 WIB
Ilustrasi McDonald's (SinPo.id/AP)
Ilustrasi McDonald's (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Muhammad Cholil Nafis, memberikan tanggapan mengenai protes aktris Wanda Hamidah terkait pembagian makanan dari McDonald's saat acara buka puasa di Masjid Istiqlal. Kiai Cholil menegaskan bahwa MUI tidak terlibat dalam penyelenggaraan acara tersebut, menyatakan bahwa protes tersebut salah alamat.

“Akhir-akhir ini banyak yang salah alamat padahal alamat kami asli bukan palsu. Bahwa buka puasa bersama itu bukan program MUI tapi mungkin hanya acaranya masjid @masjidistiqlal.official,” kata Cholil di laman Instagram-nya dikutip Minggu , 7 April 2024.

Lebih lanjut, Cholil mengklarifikasi bahwa MUI tidak pernah mengadakan atau berpartisipasi dalam acara buka puasa bersama di Masjid Istiqlal, apalagi menerima sumbangan dari brand yang memiliki afiliasi dengan Israel.

“Perlu saya tegaskan bahwa @muipusat tidak mengadakan buka puasa bersama di Istiqlal atau memberi hidangan buka puasa bersama, apalagi menerima sumbangan dari brand yang afiliasi dengan Israel,” tambahnya.

Tanggapan ini mendapat respons langsung dari Wanda Hamidah yang mengklarifikasi maksud dari protesnya. Melalui kolom komentar, Wanda menyatakan bahwa ia tidak pernah menyebut acara tersebut sebagai program MUI. “Saya tidak pernah bilang ini program MUI. Saya taq MUI sebagai lembaga Nasional yang isinya ulama-ulama dan juga telah mengeluarkan Fatwa Haram bagi produk-produk yang terafiliasi dengan Israel,” ucap Wanda.

Wanda menambahkan, maksud dari protesnya adalah mencari tanggapan MUI mengenai kejadian di Masjid Istiqlal tersebut. “Saya taq MUI lebih karena ‘ingin mengadu’ apa tanggapan MUI mengenai kejadian di Masjid Istiqlal ini? Mohon maaf larih bathin dari al faqir,” tuturnya.

juga membalas komentar Wanda Hamidah. Dia pun banyak terimakasih atas klarifikasi Wanda. 

"Terima kasih Mba’ @wanda_hamidah atas klarifikasinya. Mhn maaf lahir batin. Minal ‘aidin walfaizin," pungkasnya. sinpo

Komentar: