Polisi Sebut Kemacetan di Pelabuhan Merak Akibat Dermaga Tak Sebanding Dengan Volume Kendaraan

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 07 April 2024 | 03:49 WIB
Kemacetan di Merak (SinPo.id/BantenNews)
Kemacetan di Merak (SinPo.id/BantenNews)

SinPo.id - Terjadi kemacetan menuju Pelabuhan Merak di Tol Tangerang-Merak hingga 2 sampai 4 kilometer pada H-4 sebelum Lebaran, Sabtu, 6 April 2024.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Leganek Mawardi menjelaskan kemacetan terjadi akibat jumlah dermaga di pelabuhan yang tidak sebanding dengan volume kendaraan yang masuk.

"Terjadi antrian menuju Pelabuhan Merak dikarenakan meningkatnya volume kendaraan dari arah jakarta yang akan menggunakan jasa penyebrangan Pelabuhan Merak ASDP dengan tujuan Pulau Sumatera, dimana jumlah dermaga pelabuhan tidak sebanding dengan volume kendaraan yang masuk," kata Leganek kepada wartawan. 

Guna mengantisipasi antrian terulang, Direktorat Lalu Lintas melakukan beberapa langkah, diantaranya menunda keberangakatan atau Delay System.

"Kami akan melakukan penundaan keberangkatan atau Delay System di rest area KM 43 A , rest area KM 68 A, maupun ruas jalan cikuasa atas sebelum fly over Merak," kata Leganek. 

Delay system pada ruas jalan Cikuasa atas dimaksudkan agar tidak menganggu aktivitas warga lokal, karena hanya terdapat 1 akses jalan yang menuju ke pelabuhan dan itu juga digunakan untuk masyarakat sekitar Pelabuhan Merak. 

Untuk menunjang kenyamanan saat pelaksanaan delay syatem petugas telah menyiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan. 

"Dalam pelaksanaan delay syatem petugas juga telah menyiapkan makanan ringan dan minuman serta menyiapkan fasilitas lain seperti toilet umum kepada para pemudik yang disiapkan dipinggir jalan tol," tandasnya.sinpo

Komentar: