MUDIK LEBARAN 2024

H-4 Lebaran, Polri Sebut Arus Mudik di Pelabuhan Merak Ramai Lancar

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 06 April 2024 | 18:04 WIB
Kasubsatgas Penmas Divisi Humas Polri Kombes Harry Goldenhardt (SinPo.id/ Humas Polri)
Kasubsatgas Penmas Divisi Humas Polri Kombes Harry Goldenhardt (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Divisi Humas Polri melakukan patroli udara untuk memantau arus mudik di Pelabuhan Merak yang menuju Bakauheni pada Sabtu, 6 April 2024 atau H-4 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Kasubsatgas Penmas Divisi Humas Polri Kombes Harry Goldenhardt menyebut arus mudik penumpang di Pelabuhan Merak terpantau ramai dan lancar. 

"Arus mudik terpantau ramai lancar, ada perlambatan saat keluar tol KM 90, namun sudah ada kegiatan petugas di sana," kata Harry dalam keterangannya Sabtu, 6 April 2024.

Dia berujar, petugas kepolisian yang berada di lokasi membantu mengurai kepadatan dengan mengarahkan kendaraan masuk ke kantong-kantong parkir yang menjadi area buffer zone atau zona penyangga.

"Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan beberapa titik yang menjadi area buffer zone dan delaying system di pelabuhan,” tuturnya. 

Lebih lanjut, Harry pun mengimbau  masyarakat yang melaksanakan mudik untuk merencanakan jadwal mudiknya lebih awal lantaran puncak arus mudik diprediksi terjadi hari ini. 

"Imbauan dari Bapak Kapolri dimohon kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk merencanakan jadwal mudiknya lebih awal, persiapan kondisi fisik pengemudi dan juga rawat kendaraan itu sendiri," ucap Harry. 

Harry menambahkan, pemudik diminta meningkatkan keamanan, mematuhi arahan petugas sehingga proses mudik dapat berjalan secara aman dan nyaman.

"Pantauan cuaca hari ini cukup cerah dan kami bisa melihat dari dekat bagaimana arus lalu lintas di wilayah ruas Tol Jakarta Barat," ungkap dia. sinpo

Komentar: