MUDIK LEBARAN 2024

Menhub Lepas Mudik Gratis Kapal Laut, 2.037 Penumpang dan 876 Motor

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 06 April 2024 | 15:37 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (SinPo.id/ Dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (SinPo.id/ Dok. Kemenhub)

SinPo.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan perdana peserta mudik gratis penumpang dan sepeda motor dengan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat kemarin. Sebanyak 2.037 penumpang dan 876 sepeda motor, atau 85 persen dari total pendaftar terverifikasi, dalam pemberangkatan perdana ini.

"Saya senang sekali, karena lebih dari 2.000 penumpang yang naik dan lebih dari 1.000 motor yang berangkat pada hari ini," kata Budi dalam keterangannya, Sabtu, 6 April 2024.

Budi juga memberikan apresiasi terhadap masyarakat atas antusias yang tinggi ikut serta dalam program ini. Total kuota sebanyak 4.800 sepeda motor dan 9.600 penumpang disediakan guna mengakomodir program Mudik Gratis Kapal Laut ini.

"Tahun depan semoga kuotanya bisa dua kali lipat. Mudik motor naik kapal ini merupakan wujud mudik ceria yang berkeselamatan," kata Budi.

Budi menjelaskan, program mudik gratis ini adalah bentuk dorongan perjalanan mudik berkeselamatan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kemenhub menyatakan kepadatan pemudik bersepeda motor dapat dialihkan ke moda angkutan umum, salah satunya yakni dengan kapal laut.

"Kami berterima kasih atas keikutsertaan masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dengan naik kapal laut, para pemudik bisa istirahat di dalam kapal," ucap Budi.

Diketahui, Kemenhub menyediakan 4 kali keberangkatan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Keberangkatan terbagi atas 2 perjalanan arus mudik dan 2 perjalanan arus balik dari Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Emas, Semarang dan sebaliknya.

Keberangkatan arus mudik diselenggarakan pada tanggal 5 dan 7 April 2024. Sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13 dan 15 April 2024. Kuota masing-masing perjalanan adalah 1.200 motor dan 2.400 penumpang.sinpo

Komentar: