Tips Waktu Ngopi yang Tepat di Bulan Ramadan

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 06 April 2024 | 05:25 WIB
Ilustrasi kopi (pixabay)
Ilustrasi kopi (pixabay)

SinPo.id -  Mengopi merupakan aktivitas rutin masyarakat Indonesia yang sudah berlangsung lama. Bagi kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kapan waktu yang tepat meminum kopi?

Ada anggapan minum kopi saat sahur bisa menyebabkan orang dehidrasi. Pasalnya, kandungan kafein dalam asupan ini dapat membuat sering kencing.

Di lain sisi, minum kopi saat buka puasa terkadang juga bisa membuat orang jadi susah tidur di malam hari. Sehingga, orang jadi telat atau bahkan melewatkan sahur.

Owner Jacob Koffie Depok, Arif Liberto membagikan kiat bagi kaum muslimin yang ingin melakukan aktivitas ngopi setelah seharian berpuasa. 

"Pastikan dulu perut terisi, minimal setelah menerima asupan makanan lepas berbuka atau setelah shalat tarawih," kata Arif Liberto, Jumat 5 April 2024

Arif menyarankan waktu meminum kopi minimal satu jam setelah berbuka puasa. Sebaiknya kopi tidak dicampur dengan rasa atau pemanis demi menjaga kesehatan. 

"Jadi ada baiknya dipastikan untuk pilihan ngopinya hindari minum kopi yang ditambahkan rasa atau pemanis, hal ini demi kesehatan juga kok," imbuhnya. 

Arif menambahkan, semua jenis kopi --robusta, arabika, liberika-- baik dikonsumsi. Yang penting memperhatikan gramasi dan takaran jangan terlalu banyak. Namun demikian, Arif mengingatkan jenis kopi robusta tingkat caffein lebih tinggi dibandingkan arabika. 

Arif juga menyarankan, sebaiknya hindari minum kopi saat momen sahur. Pasalnya, kandungan caffein yang tinggi, efeknya banyak buang air kecil kalau kelebihan kopi.

"Sebaiknya hindari konsumsi kopi saat waktu sahur," tukasnya.sinpo

Komentar: