SIDANG PHPU MK

Mensos: Kami Nggak Berani Usul Anggaran Bansos El Nino

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 05 April 2024 | 15:35 WIB
Mensos Tri Rismaharini (SinPo.id/ Tangkapan layar)
Mensos Tri Rismaharini (SinPo.id/ Tangkapan layar)

SinPo.id - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengaku tidak berani untuk mengusulkan anggaran bantuan sosial (bansos) antisipasi dampak El Nino (bansos El Nino). Alasannya, Kemensos tidak mengetahui kondisi keuangan negara secara keseluruhan.

Hal itu disampaikan Risma menjawab pertanyaan Ketua MK Suharyanto terkait usulan anggaran bantuan El Nino yang diberikan pada masyarakat pada November-Desember 2023, dengan nilai total Rp400 ribu per-keluarga penerima manfaat.

"Kami nggak berani mengusulkan. Karena kami kan nggak tau kondisi keuangan apakah bisa atau tidak," kata Risma di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 5 April 2024.

Risma menerangkan, pengadaan bantuan biasanya disepakati setelah melakukan rapat dengan kementerian dan lembaga terkait. Namun, untuk usulan bantuan El Nino, Kemensos tidak berani.

"Biasanya diadakan rapat, kemudian disepakati apa. Karena kami tidak berani. Kami kan tidak tau kondisi makro (ekonomi RI)," kata Risma.

Sebelumnya, Hakim Suharyanto menanyakan apakah bantuan El Nino termasuk usulan Kemensos.

"Kalau berkaitan dengan usulan anggaran tahun yang akan berjalan, tahun berikutnya, untuk (bansos) El Nino itu Kemensos apakah kebijakan sendiri atau harus diusulkan oleh Kementerian terkait, termasuk Kemensos?" tanya Hakim Suharyanto.

Risma pun dengan spontan menjawab tidak berani mengusulkan. Setelah menyatakan itu, Risma tertawa kecil. "Kami nggak berani mengusulkan," kata Risma.sinpo

Komentar: