MUDIK LEBARAN 2024

DPR Minta Pemerintah Antisipasi Banjir hingga Lonjakan Harga Tiket Mudik

Laporan: Firdausi
Selasa, 02 April 2024 | 17:56 WIB
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus (SinPo.id/ Ashar)
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Jelang puncak mudik, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus menyampaikan sejumlah catatan penting yang perlu menjadi perhatian pemerintah pusat dalam persiapan mudik Lebaran 2024.

Salah satu poin penting yang harus menjadi perhatian pemerintah adalah mengantisipasi kemacetan di titik ruas Pantura, Jawa Tengah, yang sewaktu-waktu dilanda banjir.

"Yang perlu mendapat perhatian pemerintah dan stakeholders terkait persiapan mudik Idulfitri. Perlu peningkatan antisipasi banjir utamanya di Jawa Tengah di Stasiun Tawang di Semarang akibat banjir rob," kata Lasarus dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi V DPR RI, Selasa, 2 April 2024.

Menurut dia, banjir adalah situasi yang bisa terjadi kapan saja. Untuk itu pemerintah perlu melakukan berbagai antisipasi terhadap banjir tersebut.

"Ini juga situasional, bisa saja terjadi kapan saja, tergantung kondisi cuaca. Jadi informasi dari BMKG menjadi hal yang penting," tuturnya.

Kemudian, Lasarus juga menyinggung terkait ketersediaan lahan parkir di rest area jalan tol. Ini sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaran pada saat pemudik istirahat di rest area.

"Bisa dipetakkan sekarang. Ini tugas Korlantas. Ini memang perlu diatur, kalau tidak, saya rasa ini masalah yang tidak bisa kita urai setiap tahun," ujarnya.

Terakhir perilah langka dan mahalnya harga tiket mudik lebaran. Terutama tiket pesawat udara yang harganya melangit.

Poin ini, kata dia, pemerintah harus membuat kebijakan yang sangat pro terhadap masyarakat yang hendak mudik.

"Pak menteri (Menhub) kan sudah mewanti-wanti seluruh maskapai untuk kiranya memperhatikan harga tiket," ujar Lasarus.sinpo

Komentar: