HAK ANGKET DPR

Habiburokhman ke Hasto soal Hak Angket: Jangan Timbulkan Perpecahan

Laporan: Firdausi
Minggu, 31 Maret 2024 | 18:45 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/Antara)
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menyayangkan pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut hak angket DPR belum bergulir karena adanya tekanan hukum.

Menurut dia, pernyataan Hasto itu sama sekali tak mendasar, bahkan cenderung memecah belah bangsa.

"Pernyataan itu sama sekali tak berdasar. Dan bisa menimbulkan perpecahan," kata Habiburokhman kepada wartawan, Minggu, 31 Maret 2024.

Habiburokhman prihatin, akhir-akhir ini pernyataan Hasto kerap mengarah kepada hal-hal yang menimbulkan gesekan sesama anak bangsa.

Ia pun meminta, sebelum menyebar info yang belum jelas kebenarannya, alangkah baiknya anak buah Megawati Soekarno Putri itu mengkroscek terlebih dulu kebenarannya.

"Pernyataan saudara Hasto Kristiyanto belum terlaksananya hak angket karena adanya tekanan sangat memprihatinkan. Pak Hasto jangan memecah belah bangsa. Kroscek dulu," tuturnya.

Sebelumnya, Hasto mengatakan, hak angket di DPR masih belum bergulir, karena adanya tekanan-tekanan hukum.

Menurut Hasto, hak angket dinilai menjadi hal yang menakutkan bagi pemerintah sehingga ada upaya-upaya yang tengah dilakukan.

"Ibu Megawati lama putuskan angket bukan perhitungan, tapi tekanannya, tekanan hukumnya kan kuat sekali. Kan kalau orang ditekan, ada respons yang berani menghadapi tekanan, ada juga yang takut. Kita juga maklum," kata Hasto, Sabtu, 30 Maret 2024.sinpo

Komentar: