Mudik Lebaran 2024

DPR Minta Kemenhub Atur Tarif dan Kelayakan Angkutan Umum Jelang Puncak Arus Mudik

Laporan: Firdausi
Minggu, 31 Maret 2024 | 12:32 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw (SinPo.id/Instagram)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Puncak arus mudik diprediksikan akan terjadi pada H-7 atau hingga H-2 Lebaran Idulfitri 2024. Lonjakan arus mudik lebaran tahun ini, juga diperkirakan sangat signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw menyerukan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar memperhatikan kelayakan angkutan umum untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

"Angkutan umum ini harus betul-betul diperhatikan. Karena kita tidak ingin akiibat tidak baiknya angkutan umum menyebabkan terjadinya kecelakaan," kata Roberth kepada wartawan dikutip, Minggu, 31 Maret 2024.

Politisi Partai NasDem ini juga menyoroti kenaikan harga tiket angkutan saat puncak arus mudik dan balik. Menurutnya, di momen ini harga biasanya tiket naik dua kali lipat.

Karena itu, dia meminta pemerintah atau Kemenhub untuk mengatur tarif tersebut. Hal ini, agar tidak memberatkan masyarakat di tengah situasi ekonomi seperti saat ini sangat cukup terpuruk.

"Kami sampaikan tak henti-hentinya kepada kementerian yang menangani bersama mitra-mitranya berikan pelayanan yang murah, bukan cuma yang terbaik," ujarnya.sinpo

Komentar: