LEBARAN 2024

Kadin Prediksi Perputaran Uang Periode Lebaran Capai Rp157 Triliun

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 30 Maret 2024 | 16:15 WIB
Ilustrasi uang (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi uang (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memprediksi, perputaran uang selama Ramadan hingga libur Lebaran 2024, bisa mencapai Rp157,3 triliun. Perkiraan itu didasarkan pada jumlah pemudik yang mencapai 193,6 juta orang, dengan asumsi jika per keluarga dirata-ratakan 4 orang, maka jumlah pemudik setara 48,4 juta keluarga.


"Asumsi setiap keluarga membawa uang rata rata Rp3.250.000, maka perputaran uang selama Idul Fitri 1445 H tahun ini diperkirakan mencapai 157,3 triliun. Jumlah tersebut masih berpotensi naik," ujar Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Pengembangan Otonomi Daerah, Sarman Simanjorang, dalam keterangannya, Sabtu, 30 Maret 2024.

Sarman menjelaskan, perputaran uang itu akan menyebar di seluruh pelosok tanah air, terutama daerah yang menjadi tujuan utama mudik. Seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten dan Jabodetabek yang diperkirakan mencapai 62 persen dari jumlah penduduk. Sisanya, akan menyebar di Sumatera, Kalimantan, Bali/NTB, Sulawesi, NTT, Maluku dan Papua.

Kemudian, perputaran uang tersebut kemungkinan akan menyebar ke berbagai sektor usaha. Seperti ritel, fashion, makanan dan minuman, hotel, taman hiburan, BBM, hingga transportasi.

Oleh karena itu, Sarman meyakini, dengan perputaran yang cukup besar tersebut, dipastikan ekonomi daerah akan produktif dengan meningkatnya konsumsi rumah tangga, sehingga dapat membantu menggerek pertumbuhan ekonomi nasional kuartal I-2024.

Hal itu akan menjadi modal awal untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun 2024 bertahan di angka 5 persen ke atas.

Lebih lanjut, KADIN berharap agar Pemerintah Daerah dapat membantu kelancaran arus mudik, dan mengimbau para pengusaha tidak menaikkan harga terlalu tinggi, yang membuat para pemudik enggan membelanjakan uangnya.

 sinpo

Komentar: