KANDIDAT KSAU

DPR Dengar Informasi Marsdya Tonny Harjono Calon Kuat KSAU

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 27 Maret 2024 | 22:35 WIB
Pangkogabwilhan II TNI AU Marsdya Tonny Harjono (SinPo.id/ Dispenau)
Pangkogabwilhan II TNI AU Marsdya Tonny Harjono (SinPo.id/ Dispenau)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengamini mendengar informasi Pangkogabwilhan II TNI AU Marsdya Tonny Harjono akan menggantikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang memasuki masa pensiun.

"Dua hari lalu si info nya dari kawan-kawan (mendengar kabar itu)," kata Bobby dalam keterangannya, Jakarta, Rabu, 27 Maret 2024.

Namun, Bobby mengatakan sejauh ini belum ada informasi resmi dari pemerintah. "Tapi belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah," ujarnya.

Bobby menuturkan dari pengalaman yang sudah-sudah, kandidat termuda yang berpeluang besar diajukan sebagai kepala matra dalam hal ini Tonny. Rekam jejak Tonny juga kuat pada hal-hal yang beririsan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Melihat Panglima, KSAD, Kapolri rata-rata muda. Dan Pak Tonny adalah angkatan Alumni Akademi Angkatan Udara (tahun) 93, bintang tiga yang termuda. Dan sejak kolonel juga jabatannya sering beririsan dengan kegiatan Presiden sebagai Sesmilpres, Danlanud di Solo," kata Bobby.

Marsekal Fadjar dilantik menjadi KSAU pada 20 Mei 2020. Pelantikan berdasarkan Keppres Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara dan Keppres Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi TNI.

Marsekal Fadjar lahir pada 9 April 1966. Artinya, pada 9 April 2024 ia akan berusia 58 tahun dan memasuki usia pensiun. Hal ini merujuk Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI).

Pada pasal 53 UU TNI disebutkan prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun bagi perwira, dan 53 tahun bagi bintara dan tamtama.sinpo

Komentar: