RAMADAN

Festival Patrol dan Kundaran, Tradisi Ramadan di Banyuwangi

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 27 Maret 2024 | 06:12 WIB
Ilustrasi Festival Musik Patrol
Ilustrasi Festival Musik Patrol

SinPo.id -  Festival Patrol dan Kundaran digelar di Banyuwangi dalam rangka mengisi dan menyemarakkan malam di bulan puasa Ramadhan dibuka pada Senin 25 Maret 2024. Festival Patrol dan Kundaran melibatkan peserta dari 25 kecamatan, di mana tiap kecamatan mengirimkan video patrol dan kundaran sebagai bagian proses seleksi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan Tradisi patrol telah lama menjadi bagian dari kekayaan budaya Banyuwangi.

"Melalui festival ini, kami berharap dapat memperkuat identitas lokal di tengah arus globalisasi," kata dia dalam keterangannya, Selasa 26 Maret 2024.

Patrol merupakan seni memainkan alat musik dari bambu, dan biasanya dimainkan untuk membangunkan warga guna makan sahur pada dini hari pada bulan Ramadhan. Seiring waktu, tradisi ini menjadi pertunjukan yang senantiasa dinanti setiap bulan puasa.

Ipuk menyampaikan, tak sedikit warga ingin menyaksikan Festival Patrol dan Kundaran di sepanjang rute patrol yang diawali dari depan Stadion Diponegoro hingga Taman Blambangan Banyuwangi. Menurut Ipuk, ini menjadi bukti masyarakat Banyuwangi bersemangat dalam melestarikan dan mengembangkan budaya lokal khususnya Patrol dan Kundaran.

"Semangat ini menjadi bukti masyarakat Banyuwangi terus mempertahankan dan mempromosikan warisan budaya lokal," tambahnya.

Untuk kriteria penilaian patrol dan kundaran meliputi teknik atraksi, harmonisasi, penatar terbaik, tata busana terbaik, dan vokal terbaik.
Dari total 20 orang anggota dalam setiap kelompok kundaran dan 15 anggota dalam kelompok patrol, kata Taufiq, festival ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga perayaan.sinpo

Komentar: