KABINET PRABOWO-GIBRAN

Gerindra Sebut Jokowi Paling Banyak Diminta Pendapat Soal Kabinet

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 26 Maret 2024 | 18:39 WIB
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi sosok yang paling banyak dimintai pendapat oleh calon presiden RI terpilih Prabowo Subianto terkait pengisian kabinet pemerintahan 2024-2029.

"Secara institusional tidak tahu, tapi secara prinsip memang Pak Jokowi dipastikan menjadi salah satu orang yang paling banyak dimintai pendapat oleh Pak Prabowo, saya yakin," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.

Dia mengatakan pemerintahan Prabowo kelak akan mewariskan estafet kepemimpinan dari Presiden Jokowi.

"Jadi Pak Prabowo kan melanjutkan capaian dan legacy-nya Pak Jokowi. Ke mana (meminta pendapat) kalau ingin melanjutkan capaian Pak Jokowi? Ya, ke Pak Jokowi lah nanyanya, ya enggak?" katanya.

Habiburokhman menyebut Prabowo juga menjadikan sosok Presiden Jokowi sebagai mentornya untuk belajar soal kepemimpinan, kerja keras, hingga mengambil keputusan-keputusan di saat kritis.

"Pak Prabowo kan mengatakan Pak Jokowi itu mentor beliau. Di acara-acara internal, Pak Prabowo berulang kali menyampaikan kepada kami bahwa beliau belajar banyak dari Pak Jokowi," ucapnya.

Meski demikian, dia menampik bahwa hal tersebut merupakan bentuk cawe-cawe Presiden Jokowi dalam pengisian kursi menteri di kabinet pemerintahan 2024-2029.

"Bukan cawe-cawe. Pastinya, akan dimintai pendapat oleh Pak Prabowo," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR itu juga menilai lumrah saja apabila Presiden Jokowi mengusulkan nama-nama untuk duduk di kursi kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Ya, bisa saja memberi nama, orang saya saja boleh mengusulkan kan," kata dia.sinpo

Komentar: