Jokowi ke Sulawesi Tengah, Resmikan Infrastruktur hingga Beri Bantuan Pangan

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 26 Maret 2024 | 09:16 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/BPMI Setpres)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 26 hingga 27 Maret 2024 untuk meresmikan sejumlah infrastruktur transportasi umum hingga mendistribusikan bantuan pangan.

Dilansir dari keterangan Sekretariat Presiden di Jakarta, Presiden Jokowi beserta rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Syukuran Aminuddin Amir, Kabupaten Banggai, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 06.50 WIB.

Keberangkatan Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dilepas oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

Setibanya di Kabupaten Banggai, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju Kabupaten Banggai Kepulauan.

Presiden Jokowi mengawali kunjungannya ke salah satu pasar tradisional di Banggai Kepulauan dan berlanjut menuju Kota Salakan untuk menghadiri peresmian Inpres jalan daerah.

Selesai berkegiatan di Kabupaten Banggai Kepulauan, Presiden Jokowi akan kembali menuju Bandara Syukuran Aminuddin Amir untuk kemudian lepas landas menuju Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Kota Palu.

Kepala Negara akan meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Bandara Mutiara SIS Al-Jufri serta meresmikan sejumlah bandara lainnya.

Selepas itu Presiden Jokowi akan meresmikan Gedung Anutapura Medical Center (AMC) di RSUD Anutapura, Kota Palu, dan sejumlah infrastruktur lainnya.

Pada hari kedua kunjungannya di Kota Palu, Presiden Jokowi diagendakan menuju Pelabuhan Pantoloan untuk meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Donggala, dan Pelabuhan Wani.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan kunjungan Presiden Jokowi menuju Bendungan Gumbasa di Kabupaten Sigi untuk menandatangani prasasti sekaligus meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi irigasi di wilayah setempat.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Sulteng diakhiri dengan meninjau fasilitas Bulog di Kabupaten Toli-toli, sekaligus penyerahan bantuan pangan kepada warga di Kelurahan Kalangkangan, Kecamatan Galang.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.sinpo

Komentar: