MUDIK LEBARAN 2024

KAI Commuter Siapkan Layanan untuk Pemudik Lokal

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 23 Maret 2024 | 18:17 WIB
Ilustrasi kereta api (SinPo.id/ Dok. KAI)
Ilustrasi kereta api (SinPo.id/ Dok. KAI)

SinPo.id - Menjelang Hari Raya Idulfitri, KAI Commuter menyiapkan layanan angkutan untuk pengguna commuter line antar kota. Persiapan ini dilakukan dalam rangka melayani pemudik lokal di sejumlah wilayah operasional utama, termasuk Jabodetabek, Bandung Raya, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.

"Kami telah melakukan persiapan-persiapan untuk melayani pemudik lokal yang akan menggunakan layanan commuter line selama masa angkutan Lebaran," ujar Sekretaris Koorporat KAI Commuter, Anne Purba, dikutip pada Sabtu, 23 Maret 2024. 

KAI Commuter memastikan akan selalu  mendukung kelancaran dan keberhasilan angkutan Lebaran 2024. Karena itu, KAI siap bersinergi bersama para pemangku kepentingan terkait guna mengoptimalkan layanan tersebut.

Selain fokus pada peningkatan layanan, KAI Commuter juga terus mengembangkan sistem integrasi, baik  pembayaran maupun akses di stasiun-stasiun commuter line dengan moda transportasi lainnya.

"Dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang sudah dapat digunakan di moda transportasi lain dan Aplikasi Access by KAI untuk di Wilayah Bandung, Yogyakarta-Kutoarjo dan Surabaya," tuturnya. 

KAI Commuter juga akan menambah jumlah petugas layanan dan pengamanan, memperbaiki fasilitas stasiun, serta menambah perjalanan commuter line di beberapa rute, terutama Yogyakarta-Solo, untuk melayani pemudik lokal yang diperkirakan akan meningkat selama periode ini.

Dalam hal keselamatan, KAI Commuter secara rutin juga melakukan pengecekan kelayakan operasi sarana kereta. Mereka telah menyiagakan sarana cadangan dan sarana khusus untuk mengantisipasi kendala operasional yang mungkin terjadi.

Tak hanya itu, KAI Commuter juga berkolaborasi dengan TNI-Polri untuk meningkatkan keamanan selama masa angkutan Lebaran 2024, guna mencegah tindak kejahatan di area stasiun.sinpo

Komentar: