Prabowo Terima Ucapan Selamat dari PM Jepang via Telepon

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 22 Maret 2024 | 15:40 WIB
Prabowo terima telepon dari PM Jepang via telepon (Sinpo.id/Tim Media)
Prabowo terima telepon dari PM Jepang via telepon (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memberikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia pada pilpres 2024.

Kishida memberikan ucapan selamat kepada Prabowo melalui sambungan telepon pada Kamis, 21 Maret 2024 pada pukul 14:30 (WIB) selama kurang lebih 10 menit.

“Pada awal percakapan, PM Kishida menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan dalam Pemilihan Presiden kepada Bapak Prabowo, presiden Republik Indonesia terpilih. PM Kishida juga menyampaikan keinginannya untuk bekerja sama agar semakin meningkatkan hubungan antara Jepang dan Indonesia,” demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang pada Kamis, 20 Maret 2024.

Selain itu, Kishida menyampaikan keinginannya untuk mendorong secara tegas berbagai kerja sama di bidang seperti pembangunan infrastruktur, lingkungan dan energi, pembinaan SDM, serta pertahanan dan keamanan serta juga bekerja sama dalam menangani situasi regional maupun internasional.

Prabowo pun mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat dari Kishida. Ia juga menyampaikan bahwa Jepang merupakan teman lama dan juga mitra yang sangat penting bagi Indonesia.

Keduanya sepakat untuk bekerja sama dalam berbagai isu untuk semakin meningkatkan hubungan antara kedua negara.

“Sebuah kehormatan bagi saya menerima ucapan  selamat atas kemenangan dalam Pemilu 2024 dari Perdana Menteri Jepang Yang Mulia Fumio Kishida @kishida230,” tulis Prabowo dalam akun X.

“Jepang senantiasa menjadi mitra strategis bagi Indonesia dan kita berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama ini untuk mencapai kemajuan bagi kedua negara,” lanjutnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan calon presiden dan wakil presiden Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang atas dua pasangan calon lainnya pada 20 Maret 2024.

KPU menyatakan bahwa Prabowo-Gibran unggul meraih 96.214.691 suara, sementara pasangan Anies-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan calon presiden nomor urut 03, Ganjar-Mahfud MD mendapatkan 27.040.878 suara.sinpo

Komentar: