Soal Narasi Pemilu Curang, TKN Imbau Pendukung Tetap Sabar

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 21 Maret 2024 | 01:50 WIB
TKN PRABOWO-GIBRAN
TKN PRABOWO-GIBRAN

SinPo.id -  Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad, mengimbau agar para pendukung paslon 02, tidak reaktif dengan narasi Pemilu curang. Sebab, KPU sudah menetapakan hasil pemilu. 

 

"Kami selama ini juga tidak mau reaktif terhadap itu. Tapi karena penetapan KPU, sudah ditetapkan kami juga mengimbau kepada pendukung Prabowo-Gibran untuk tetap bersabar," kata Dasco di Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Maret 2024. 

 

Menurut Dasco, sangat tidak bermanfaat menanggapi isu yang tak terbukti kebenarannya. Lebih baik, bersama-sama menjaga agar situasi tetap kondusif pasca Pemilu 2024.

 

Selain itu, ke depan masih ada proses gugatan sengketa hasil di Mahkamah Konstitusi (MK).

 

"Jangan kemudian reaktif terhadap persangkaan curang dan lain-lain. Itu kita tetap menunggu hasil MK, dengan baik," kata Ketua harian Partai Gerindra itu. 

 

Sebelumnya, KPU mengumumkan bahwa Prabowo - Gibran menang dalam Pilpres 2024. 

 

"Jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475 suara," kata  Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengumumkan hasil Pemilu di Kantor KPU RI, Rabu malam. 

 

Prabowo-Gibran berhasil mengungguli kandidat lainnya dengan meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan 40.971.906 suara, sedangkan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD hanya mampu mengoleksi 27.040.878 suara.

 

Dari total 38 provinsi, Prabowo-Gibran berhasil menang di 36 provinsi. Anies-Muhaimin unggul di dua provinsi. Sementara, Ganjar-Mahfud tak unggul di provinsi mana pun.sinpo

Komentar: