REKAPITULASI NASIONAL

Polri Siapkan Tiga Simulasi Amankan Pengumuman Rekapitulasi Nasional

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 19 Maret 2024 | 20:35 WIB
Kepala Operasi Mantap Brata, Komjen Fadil Imran (SinPo.id/ Humas Polri)
Kepala Operasi Mantap Brata, Komjen Fadil Imran (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Kepala Operasi Mantap Brata, Komjen Fadil Imran menyebut, Polri telah menyiapkan tiga simulasi pengamanan menghadapi pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2024. Hal ini guna mengantisipasi berbagai kemungkinan situasi yang dapat terjadi.

“Kalau situasinya landai normal tetap kita akan berlakukan situasi normal. Tapi kalau ada manakala ada peningkatan eskalasi tentu akan terjadi penambahan-penambahan personel dengan mengedepankan tindakan-tindakan preemtif dan preventif,” kata Fadil dikutip dari laman resmi Polri, Selasa, 19 Maret 2024.

Simulasi tersebut, kata Fadil, dirancang untuk menguji responsibilitas dan kesiapan Polri dalam menghadapi situasi apapun, yang mungkin terjadi saat pengumuman hasil Pemilu.

Dengan demikian, Polri berharap dapat memastikan keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung.

Fadil juga menekankan pentingnya pengamanan yang tidak hanya bersifat reaktif, tetapi juga proaktif. Hal ini guna mengantisipasi potensi kerusuhan atau gangguan keamanan selama pengumuman hasil rekapitulasi.

“Ruang-ruang untuk menyampaikan pendapat seperti yang disampaikan Kapolri jika ada yang ingin menyampaikan pendapat , ada yang protes silakan. Sepanjang tidak anarkis, kita akan terus memberikan pelayanan terbaik,” kata dia.sinpo

Komentar: