Trump: Jika Gagal dalam Pilpres 2024, Demokrasi AS Terancam

Oleh: VOA Indonesia
Senin, 18 Maret 2024 | 04:09 WIB
Donal Trump (SinPo.id/VOA)
Donal Trump (SinPo.id/VOA)

SinPo.id - Minggu ini, Trump, yang sedang menghadapi tuntutan hukum di Georgia terkait upayanya untuk membatalkan hasil Pemilu 2020 di negara bagian tersebut, berhasil memperoleh jumlah delegasi yang cukup untuk secara matematis memastikan nominasi Partai Republik.

Pertarungan ulang pemilu dengan Biden kemungkinan akan sangat ketat. Jajak pendapat Reuters/Ipsos pekan lalu menunjukkan bahwa kedua kandidat memiliki dukungan yang seimbang dari pemilih terdaftar.

Di tengah-tengah pidatonya tentang penerapan tarif pada mobil impor, dan persaingan asing dalam industri otomotif AS, Trump menyatakan: "Jika saya tidak terpilih, ini akan menjadi pertumpahan darah bagi seluruh negeri."

Ketika ditanya apa yang dimaksud Trump, tim kampanyenya merujuk pada sebuah postingan di platform media sosial X yang ditulis oleh seorang jurnalis New York Times, yang mengatakan bahwa komentar “pertumpahan darah” Trump muncul di tengah diskusi mengenai industri otomotif dan perekonomian AS.

Ketika dimintai tanggapan terhadap komentar Trump terkait "pertumpahan darah", juru bicara kampanye Biden, James Singer, mengecam "ekstremisme" Trump, "nafsu balas dendam", dan "ancaman kekerasan politik" yang ia sampaikan.

Trump juga menarik perhatian dari kalangan kulit hitam dan Hispanik, pemilih yang akan memainkan peran kunci dalam menentukan hasil pemilu tersebut.

Trump mulai mengejar ketertinggalan dengan Biden dalam jajak pendapat opini dengan pemilih non-putih, yang merupakan bagian inti dari koalisi kemenangan Biden saat ia mengalahkan Trump pada 2020.

Trump mengutip tema kampanye utama, bahwa terlalu banyak imigran ilegal menyeberangi perbatasan AS-Meksiko sejak Biden menjabat, dalam upayanya menarik perhatian pemilih.

“Tidak ada yang lebih dirugikan oleh invasi migran Joe Biden selain komunitas besar Afrika-Amerika dan Hispanik,” kata Trump. Dia mengklaim tanpa memberikan bukti bahwa imigran ilegal telah mengambil pekerjaan mereka.sinpo

Komentar: