Kemenhub Prediksi 193,6 Juta Orang akan Mudik Lebaran 2024

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 17 Maret 2024 | 15:12 WIB
Menhub Budi Karya cek kesiapan angkutan dan infrastruktur Lebaran 2024. (SinPo.id/Dok. Kemenhub)
Menhub Budi Karya cek kesiapan angkutan dan infrastruktur Lebaran 2024. (SinPo.id/Dok. Kemenhub)

SinPo.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, sebanyak 193,6 juta orang atau 71,7 persen, diperkirakan akan mudik pada Lebaran 2024. Dan, sebanyak 28,4 juta orang atau 84,27 persen diperkirakan akan meninggalkan Jabodetabek. 

"Terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa Lebaran 2024, yaitu sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193 juta orang,” ujar Budi saat konferensi pers virtual, Minggu, 17 Maret 2024.

Budi menjelaskan, sebagai langkah antisipasi lonjakan pemudik Lebaran 2024, pihaknya melakukan persiapan baik secara operasional maupun kebijakan pengendalian pengaturan transportasi dan penanganan secara komprehensif.

Kemenhub juga menggandeng instansi, kementerian dan pemerintah pusat, Polri, pemerintah daerah, BUMN dan swasta.

Pemerintah, lanjut Budi, juga melakukan pembatasan angkutan barang selama periode mudik Lebaran.

Aturan ini sudah dituangkan dalam surat keputusan bersama Korlantas, Kementerian PUPR, dan pihak terkait dengan menerbitkan surat keputusan bersama (SKB) tentang pengaturan lalu lintas dan penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik tanggal 5 Maret 2024. 

SKB tersebut memuat pengaturan pembatasan operasional angkutan barang pada liburan Lebaran 2024.

Selain itu, Kemenhub juga telah melaksanakan inspeksi keselamatan, ramp check pada sarana transportasi, darat, laut, udara, kereta api.

"Kami juga terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan pengaturan transportasi pada masa angkutan lebaran 2024 dan meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas," ucapnya.

Berikutnya, Kemenhub juga melakukan mudik gratis tahun ini. Kegiatan ini untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik Lebaran 2024.sinpo

Komentar: