SEBARAN FORMASI GURU

MPR Minta Sebaran Formasi Guru Sesuai Kebutuhan Daerah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 15 Maret 2024 | 21:57 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (SinPo.id/ Dok. MPR)
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (SinPo.id/ Dok. MPR)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) menekankan pemenuhan jumlah target guru harus dapat memenuhi sebaran kebutuhan tenaga pengajar di Tanah Air. Sebab, kecukupan guru secara jumlah belum memecahkan masalah yang dihadapi.

"Setelah jumlahnya cukup, lebih penting dari itu yang harus dipastikan adalah sebaran guru yang diangkat itu dipastikan sesuai dengan kebutuhan di setiap daerah," kata Rerie dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ini disampaikan Rerie merespons Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim yang mengumumkan jumlah formasi guru pada seleksi ASN dengan perjanjian kerja (ASN PPPK) 2024.

Formasi guru dengan status ASN PPPK pada rekrutmen tahun ini, yaitu 419.146. Jumlah itu disebut bakal menyelesaikan target 1 juta guru yang telah dicanangkan sejak 2020.

Selain ketepatan dalam memenuhi kekurangan jumlah guru di daerah-daerah, Rerie ingin kualitas guru tidak dikesampingkan. Menurutnya, kualitas guru yang diangkat haruslah sesuai dengan kebutuhan di daerah tersebut.

"Jangan sampai tenaga pengajar yang sudah diangkat menjadi ASN PPPK tidak mampu menjawab tantangan yang ada," tuturnya.

Anggota Komisi X DPR RI itu mendorong semua pihak, termasuk para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, untuk bersinergi dalam proses penempatan para tenaga pengajar agar tepat sasaran.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap para guru yang diangkat menjadi ASN PPPK mampu menjawab berbagai tantangan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar di sejumlah daerah di Tanah Air.

"Dengan terpenuhinya kebutuhan guru di sejumlah daerah, (diharapkan) pembangunan sumber daya manusia nasional akan semakin baik dan melahirkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan berdaya saing," kata Rerie.sinpo

Komentar: