Pemilu 2024

Habiburokhman: Ucapan Selamat Presiden AS untuk Prabowo Bukan Basa-basi Diplomasi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 15 Maret 2024 | 12:24 WIB
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/Gerindra)
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/Gerindra)

SinPo.id - Ucapan selamat dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke capres nomor urut 2 Prabowo Subianto atas hasil Pilpres 2024 sementara dinilai bukan basa-basi diplomasi.

Pernyataan itu dianggap bentuk pengakuan dari negara Paman Sam jika pemilu di Indonesia terselenggara dengan baik.

"Ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden kepada Pak Prabowo Subianto bukan sekedar basa-basi diplomasi, melainkan pengakuan bahwa pemilu Indonesia sudah sukses terselenggara dengan baik minus kecurangan yang signifikan," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Jumat, 15 Maret 2024.

Habiburokhman memandang Amerika Serikat memiliki pertimbangan sendiri menyikapi pilpres di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan temuan KawalPemilu yang menyatakan Prabowo-Gibran menang satu putaran.

"Pernyataan pengakuan Presiden AS tersebut paralel dengan temuan situs independen KawalPemilu yang menyimpulkan Prabowo-Gibran menang telak satu putaran dan tidak terjadi kecurangan TSM," katanya.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini meminta pihak lain untuk menerima proses yang tengah berjalan di KPU. Habiburokhman menilai semestinya tak ada kontroversi yang berlarut-larut.

"Bagaimanapun mereka adalah negarawan-negarawan yang pastinya menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas ego dan sentimen kelompok saja. Proses hukum memang hak konstitusional, tetapi perlu disadari bahwa kontroversi yang berlarut-larut tidaklah produktif," kata dia.

Surat Joe Biden diunggah Prabowo ke akun Instagram resminya, Kamis, 14 Maret 2024. Surat ini ditandatangani oleh Biden langsung.

"I want to extend my congratulations to the people of Indonesia on a successful election-a testament to our shared commitment to democracy-and to you for your lead in the presidential vote count. I look forward to the announcement of the official results," kata Biden dalam surat tersebut.

Terjemahan pernyataan Biden itu, yakni 'Saya ingin mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas keberhasilan pemilu ini-sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi-dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya'.

Kepada Prabowo, Biden juga mengaku berharap dapat memperkuat ikatan kedua negara lebih jauh lagi seiring dengan penerapan kemitraan strategis komprehensif dan menjajaki bidang kerja sama baru.

"Saya berharap dapat memperkuat ikatan bangsa kita lebih jauh lagi seiring terus menerapkan Kemitraan Strategis Komprehensif dan menjajaki bidang kerja sama baru," katanya.sinpo

Komentar: