Jalan Sabang, Tempat Berburu Takjil saat Ramadan

Oleh: Lydia
Kamis, 14 Maret 2024 | 18:10 WIB
Situasi Jalan Sabang, Jakarta Pusat menjelang buka puasa. (foto:Lydia)
Situasi Jalan Sabang, Jakarta Pusat menjelang buka puasa. (foto:Lydia)

SinPo.id - Jalan Sabang, Kebon Sirih, Jakarta Pusat menjadi salah satu pilihan warga Ibukota mencari takjil saat bulan Ramadan.

Tak hanya saat Ramadan, Jalan Sabang atau Jalan H. Agus Salim sebetulnya sudah terkenal sebagai tempat berkuliner dari zaman dahulu.

Di sini, sajian makanan yang dijajaki didominasi oleh kuliner malam seperti nasi goreng, bakmi, sate, atau seafood.

Namun di bulan Ramadan ini, jajanan di kawasan Sabang bertambah. Kini, gorengan, lontong, bahkan es buah mulai banyak berjejer. 

Berdasarkan pantauan di lokasi pada, Kamis 14 Maret 2024 sore, kondisi di Jalan Sabang mulai macet. Namun, arus lalu lintas mulai lancar karena Jalan Sabang cukup lebar untuk dilewati oleh dua mobil.

Maju perlahan ke arah Jalan Kebon Sirih, mulai tampak para penjual takjil. Misalnya, terlihat tensa penjual pedagang aneka kolak. 

Bak semut di atas gula, pedagang ini ramai dikerumuni pembeli. Aneka kolak itu dibanderol mulai dari Rp10.000. Tak hanya menjual kolak, ditawari juga bihun dan mi goreng dengan harga Rp5.000 untuk satu porsi dan gorengan dengan harga yang beragam.

Sampai kolak yang dijual pun sudah hampir habis. Bahkan, beberapa gorengan seperti bakwan sudah ludes terjual. 

Sedikt lagi maju ke Jalan Kebon Sirih. Tak jauh dari situ, terdapat pedagang es buah yang juga ramai pembeli. Esnya itu ia jual mulai dari harga Rp10.000.

Liza (24) terlihat asik memilih es yang bakal ia minum untuk membatalkan puasanya. Liza berujar, kawasan Sabang menjadi salah satu tempat ia biasa mencari santapan berbuka puasa.

"Aku (cari takjil) kalau gak di Sabang ya di Gondang(dia). Soalnya dua tempat itu doang yang ramai penjual makanan di sini," kata Liza.

Liza berujar, kawasan Sabang menjual berbagai macam makanan sehingga membuatnya senang mencari hidangan yang ia inginkan.

"Karena kan memang Sabang ini terkenal ya banyak makanan, minuman, jajanan-jajanan menarik mulai dari jajanan ringan sampai berat ada," ujar Liza.

"Jadi seru aja ke sini lihat-lihat sekalian beli buat bukaan, ramai juga kan di sini jadi saya semangat cari takjilnya, banyak ragam makanannya," sambungnya.

Tak hanya itu, harganya yang ramah di kantong juga menjadikan kawasan Sabang sebagai salah satu tempat favoritnya mencari takjil.

"Harganya juga aman mulai dari Rp2.000 sampai di bawah Rp50.000 ada," imbuhnya.sinpo

Komentar: