Pemprov DKI Imbau Warga Jaga Kesehatan saat Musim Pancaroba

Oleh: Lydia
Selasa, 12 Maret 2024 | 13:07 WIB
Ilustrasi infeksi saluran pernapasan. (Foto/Freepik)
Ilustrasi infeksi saluran pernapasan. (Foto/Freepik)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengimbau warga untuk menjaga kesehatan di masa pancaroba.

Ini karena musim pancaroba berpotensi meningkatkan penyakit infeksi saluran pernapasan. Maka dari itu, terdapat metode CERDIK yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. 

"Pada masa pancaroba juga berpotensi meningkatkan penyakit infeksi saluran pernapasan, oleh karena itu mayarakat diharapkan dapat menjaga kesehatan dengan CERDIK," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (12/3/2024).

Adapun CERDIK yang dimaksud adalah Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, dan Rajin aktivitas fisik.

Kemudian, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola Stres. Selain itu, warga juga diimbau untuk mengonsumsi multivitamin guna menjaga imunitas.

Selain berpotensi meningkatkan penyakit infeksi saluran pernapasan, kondisi perubahan cuaca juga dapat menimbulkan penyakit DBD karena keadaan genangan-genangan yang menjadi sarang nyamuk. 

"Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat harus meningkatkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk mengendalikan terjadinya penyakit DBD," ujar Heru.
 
Tak hanya itu, curah hujan yang menurun saat pancaroba juga akan berisiko membuat polusi udara meningkat.

"Diharapkan masyarakat lebih memperhatikan kondisi udara sekitar. Di saat polusi udara meningkat masyarakat agar tidak keluar rumah jika tidak diperlukan atau menggunakan masker ketika harus beraktivitas di luar rumah," jelas Heru.

"Pemerintah Daerah melalui Strategi Pengendalian Pencemaran Udara (SPPU) terus melaksanakan strategi-strategi kolaborasi lintas sektor yang bertujuan untuk mengendalikan polusi udara di DKI Jakarta," ucapnya.sinpo

Komentar: