DPR: Perbedaan Awal Ramadan Tak Mengurangi Persaudaraan sebagai Umat Islam

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 11 Maret 2024 | 13:50 WIB
Warga Muhammadiyah melaksanakan salat tarawih. (foto/Oke Atmaja)
Warga Muhammadiyah melaksanakan salat tarawih. (foto/Oke Atmaja)

SinPo.id - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi meminta semua umat Islam di Indonesia saling menghormati perbedaan awal bulan Ramadan atau dimulainya ibadah Puasa. Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dan tidak seharusnya mengurangi persaudaraan sebagai sesama umat Islam.

"Saya ingin menekankan pentingnya menjaga saling menghormati dan memahami di antara kita. Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar dan seharusnya tidak mengurangi persaudaraan kita sebagai umat Islam," ujarnya dikutip Senin 11 Maret 2024.

Perbedaan awal puasa Ramadan, kata Ashabul Kahfi, menunjukan kekayaan dan dinamika pemahaman terhadap ilmu falak dan metode hisab. Menurutnya, perbedaan penentuan awal Ramadan merupakan hal biasa.

"Kami menghormati semua pandangan. Kami berharap Sidang Isbat mencapai kesepakatan harmonis dan memberi kepastian umat Islam memulai ibadah puasa," ujar Ashabul.

Politikus PAN ini mengingatkan bahwa yang paling penting di bulan Ramadan adalah bukan penentuan tanggalnya. Tapi agar seluruh umat Islam mempersiapkan diri menjalani bulan penuh berkah.

"Mari kita ingat bahwa ramadan bukan tentang menentukan tanggal tetapi lebih tentang mempersiapkan diri untuk bulan penuh berkah dimana meningkatkan taqwa kesabaran dan keikhlasan kita. Semangat Ramadan harus tetap hidup tidak peduli kapan tanggal dimulainya," ujar Ashabul.

Ashabul mengajak semua pihak untuk berdialog dan berdikusi untuk mencapai pemahaman yang sama. Supaya bisa mencapai persatuan antar seluruh umat Islam.

"Saya mengajak semua pihak untuk berdialog dan berdiskusi untuk mencapai pemahaman bersama untuk membawa kita pada persatuan dan kesatuan umat Islam," jelasnya.

Pemerintah menetapkan bulan Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa 12 Maret 2024. Hal itu berdasarkan hasil Sidang Isbat yang digelar kemarin. Sementara, ormas Islam Muhammadiyah menentukan awal bulan Ramadan jatuh pada hari ini, Senin 11 Maret 2024.sinpo

Komentar: