Jasa Marga Prediksi 730 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek di Periode Libur Nyepi 2024

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 10 Maret 2024 | 11:27 WIB
Jalan Tol (SinPo.id/jasa marga)
Jalan Tol (SinPo.id/jasa marga)

SinPo.id - PT Jasa Marga (Persero) memprediksi sebanyak 730.727 kendaraan akan meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode libur Hari Raya Nyepi Tahun 2024 atau pada H-3 hingga H+1.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). 

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,7 persen jika dibandingkan lalin normal," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangannya, dikutip Minggu, 10 Maret 2024.

Lisye mengatakan, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal. Persiapan ini terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi tujuan favorit masyarakat. 

Terlebih karena perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini juga berdekatan dengan momen awal Ramadan 1445H.

“Kami telah memastikan dengan maksimal keberfungsian peralatan tol di gardu, kami juga menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di Gerbang Tol Utama," ungkapnya.

Lisye menambahkan, Jasa Marga juga mengantisipasi potensi kepadatan di lajur jalan tol. Antisipasi ini antara lain dengan menempatkan petugas dan kendaraan di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas dengan lebih cepat lagi.

Selain itu, Jasa Marga juga memastikan layanan preservasi/pemeliharaan agar kualitas jalan tol Jasa Marga Group terjaga dalam kondisi baik. Tim Satgas Jasa Marga Siaga juga bergerak cepat untuk memastikan gangguan infrastruktur jalan tol ditangani dengan metode yang tepat.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah, Jasa Marga mencatat dari ketiga arah yaitu sebanyak 340.906 kendaraan atau 46,7 persen menuju arah Timur Trans Jawa dan Bandung dengan mayoritas kendaraan menuju arah Bandung, 205.702 kendaraan atau 28,1 persen menuju arah Barat Merak, dan 184.119 kendaraan atau 25,2 persen menuju arah Selatan Puncak.sinpo

Komentar: