Turki Dakwa 6 Orang Atas Kasus Spionase

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 10 Maret 2024 | 03:37 WIB
Turki (flip)
Turki (flip)

SinPo.id -  Pihak berwenang Turki tmenangkap enam orang dan mendakwa mereka sebagai mata-mata untuk badan intelijen Mossad Israel, kata badan intelijen Turki (MIT) pada Jumat 8 Maret 2024.

Pada Selasa, MIT mengatakan polisi menahan tujuh orang, termasuk seorang detektif swasta, karena menjual informasi kepada Mossad. MIT juga mengatakan pada Jumat bahwa enam dari mereka telah ditangkap, dan satu orang telah dibebaskan dengan jaminan.

Belum ada komentar langsung dari Israel.

Pengadilan Turki pada Januari memerintahkan penangkapan 15 orang dan deportasi delapan orang lainnya yang dicurigai memiliki hubungan dengan Mossad dan menargetkan warga Palestina yang tinggal di Turki. Bulan lalu, Turki menahan tujuh orang lainnya yang diduga menjual informasi kepada Mossad.

Para pemimpin Turki dan Israel saling melontarkan kecaman di depan umum sejak perang Israel dengan kelompok militan Palestina Hamas dimulai Oktober lalu. Turki memperingatkan Israel akan “konsekuensi serius” jika mereka mencoba memburu anggota Hamas yang tinggal di luar wilayah Palestina, termasuk di Turki. [ah/ft]sinpo

Komentar: