Mendag Pastikan Harga Pangan Stabil April 2024

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 09 Maret 2024 | 06:13 WIB
Pangan (pixabay)
Pangan (pixabay)

SinPo.id -  Kementerian Perdagangan memastikan harga pangan stabil dalam kurun waktu dua bulan ke depan atau April 2024. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan fluktuasi harga pangan terjadi akibat mundurnya masa panen berbagai komoditas sehubungan fenomena iklim El Nino.
 
"Perkiraan harga-harga pangan akan mulai stabil satu sampai dua bulan ke depan," ujarnya pada Jumat 8 Maret 2024. 

Menurut dia, dua bulan ke depan karena petani sudah panen raya. Kini, kata dia, harga mulai berangsur stabil. "Harga pangan di pasar sudah mulai turun," kata dia.

Dia mengungkapkan sejumlah harga pangan mahal karena ada perubahan iklim dimana Januari harusnya panen ternyata mundur di April-Mei karena fenomena iklim El Nino di September sampai Desember tahun lalu.
 
Akibat hal itu produksi komoditas pangan banyak berkurang dan tidak bisa memenuhi kebutuhan, sehingga mengakibatkan fluktuasi harga. Sehingga datangnya musim panen raya berbagai komoditas salah satunya padi di April mendatang dapat menjaga stabilitas harga pangan.

"El Nino produksi kurang, panen bergeser dan harga naik turun. Seperti beras dan jagung contohnya pasokan berkurang karena belum panen raya, meski sudah mulai turun sedikit demi sedikit. Beras ini sudah turun harganya tapi hanya sedikit, namun diharapkan panen raya ini bisa kembali stabil harga-harga. Kalau beras ingin yang harganya terjangkau ada beras SPHP dari Bulog," ujarnya.
 
Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024 diharapkan semua kebutuhan konsumsi masyarakat dapat terjaga. Dia mengacu pada Natal dan Tahun Baru 2024, di mana pemerintah bisa mengatasi masalah.
 
"Semoga menjelang Ramadhan serta Idul Fitri kali ini bisa diatasi gejolak harga pangan agar stabil," tambahnyasinpo

Komentar: