Bank DKI Raih ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu Audit Internal

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 07 Maret 2024 | 16:51 WIB
Bank DKI berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu . (Foto/Bank DKI)
Bank DKI berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu . (Foto/Bank DKI)

SinPo.id - Bank DKI berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu oleh TUV Nord Indonesia. Sertifikasi ini merupakan salah satu bentuk kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu.

"Raihan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang berarti Bank DKI telah menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal serta mencerminkan dedikasi dan kerja keras kolektif dari tim Manajemen dan segenap insan karyawan Bank DKI dalam upaya meningkatkan kualitas operasional Perseroan, khususnya sistem audit internal," kata Plt Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono dalam keterangan resminya dikutip Kamis 7 Maret 2023.

Amirul berujar, sertifikasi ini akan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional Bank DKI secara keseluruhan.

"Melalui standar manajemen mutu audit internal yang tinggi, Bank DKI akan semakin mampu memberikan layanan terbaik dan memperkuat posisinya di industri perbankan secara regional maupun nasional," ujar Amirul.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, mengatakan peroleh sertifikasi ini menunjukkan pihaknya siap menghadapi tantangan dan perubahan dinamis dalam industri perbankan. 

“Dengan mengacu pada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, Bank DKI telah menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional perseroan berlandaskan prinsip transparansi, integritas dan fokus pada kepuasan pelanggan,” ujar Arie.

Sebagai informasi, penilaian Sertifikasi ISO 9001:2015 didasarkan pada tujuh prinsip, di antaranya Customer Focus (Fokus pada pelanggan), Leadership (Kepemimpinan), Engagement of People (Keterlibatan sumber daya manusia), Process Approach (Pendekatan proses).

Prinsip lainnya yakni, Improvement (Peningkatan secara terus menerus), Evidence-Based Decision Making (Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta) dan Relationship Management (Manajemen hubungan dengan stakeholder).

Diterimanya ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal ini juga menambah deretan sertifikasi berstandar internasional yang diterima dan dipertahankan oleh Bank DKI yakni, Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada IT Helpdesk Services, dan ISO 31000:2018 Sistem Manajemen Risiko.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI