Amir Uskara Bangga dengan Komitmen Himbara Majukan UMKM

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 02 Februari 2024 | 07:55 WIB
Amir Uskara (Sinpo.id/DPR)
Amir Uskara (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara menegaskan Perhimpunan Bank Negara (Himbara) telah menunjukkan komitmen nyata dalam melakukan pembinaan terhadap UMKM.

Hal itu disampaikan Amir di sela-sela memimpin Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) Tim Komisi XI DPR RI untuk meninjau beberapa stan produk dari UMKM yang dibina oleh Himbara. 

Amir menjelaskan beberapa UMKM tersebut mendapatkan bantuan pembiayaan, mulai dari Rp2 juta hingga Rp200 juta untuk menjalankan roda ekonomi.

“Ini adalah bukti bahwa teman-teman perbankan, selama ini terus melakukan pembinaan terhadap UMKM kita. Pembinaan yang dilakukan baik dalam model bantuan-bantuan pembiayaan maupun dalam bentuk pembinaan khusus,” ujar Amir kepada wartawan di Kota Tangerang, Banten, Rabu (31/1/2024).

Diketahui, beberapa stan binaan Himbara turut diperkenalkan di dalam agenda ini. Di antaranya, Hot Sambal Bumbu, Dapoer Djeng Ani, dan DNS Artwork binaan Bank Mandiri melalui Program KUR, serta Neng Kriwil Cemilan Kriuk Enak binaan Bank BRI.

Amir menjelaskan sebagian besar tersebut sudah melakukan ekspor tersebut, baik dari hasil kerajinan maupun produksi UMKM. Oleh karena itu, Komisi XI berharap agar seluruh stakeholder terkait dapat berupaya optimal dalam mengembangkan UMKM. Oleh karena UMKM bagaimanapun situasinya adalah sumber atau motor pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dengan mendapatkan bantuan pembiayaan, maka UMKM tersebut akan menjadi mandiri. Jika sudah mandiri maka akan membina UMKM yang lainnya kembali. Sehingga, dengan cara ini akan semakin banyak pelaku UMKM yang bisa memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi kita.

“Makanya kita adakan kunjungan kerja ini. Saya, kita semua berterima kasih kepada OJK kepada BI dan seluruh perbankan yang telah melakukan pembinaan,” urai Politisi Fraksi PPP ini.sinpo

Komentar: