Pengamat: Golkar akan Banyak Diuntungkan Jika Jokowi Bergabung

Laporan: Sinpo
Senin, 04 Maret 2024 | 21:46 WIB
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setkab)
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto menilai Partai Golkar akan diuntungkan bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi bergabung dengan partai berlambang pohon beringin itu.

Pasalnya, Jokowi memiliki pendukung yang sangat militan dan loyal terhadapnya.

"Akan banyak diuntungkan, apalagi kultur politik tanah air menjadikan sosok figur menjadi aspek utama bagi kemajuan partai politik," kata Bambang saat dihubungi, Senin, 4 Maret 2024.

Dia menambahkan, ada beberapa manfaat yang bisa diraih oleh Golkar bila nantinya Jokowi bergabung dengan Golkar

Salah satunya, elektabilitas Golkar bisa terdongkrak dengan signifikan, terutama untuk memenangi berbagai kontestasi Pilkada serentak November 2024 mendatang.

"Kehadiran Jokowi bisa membuat kepala daerah yang diusung Golkar akan dapat memenangi kontestasi Pilkada serentak 2024," tuturnya.

Lebih lanjut, Bambang menuturkan  kehadiran Jokowi di Golkar juga akan menarik pendukung setia untuk menjadi simpatisan Golkar.

Terlebih Jokowi nantinya akan bisa memberikan magnet tersendiri bagi Golkar dikontestasi Pemilu 2029 mendatang.

"Bila semua indikator ini dapat berjalan dengan baik, bisa dipastikan pada kontestasi Pemilu 2029 mendatang, Golkar akan menjadi pemenang sekaligus partai politik terbesar di Indonesia," jelas Bambang.

Laporan : Firdausisinpo

Komentar: