Sepuluh Tahun Hilang, Malaysia Dorong Pencarian Kembali Pesawat MH-370

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 03 Maret 2024 | 22:09 WIB
Pesawat MH370 (SinPo.id/ Wikipedia)
Pesawat MH370 (SinPo.id/ Wikipedia)

SinPo.id - Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mendorong dilakukannya pencarian kembali pesawat Malaysia Airlines MH370. Hal itu diungkapkan menjelang peringatan 10 tahun menghilangnya pesawat itu yang disebut sebagai dalam salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.

Pesawat Boeing 777 dengan nomor penerbangan MH370 tersebut membawa 227 penumpang dan 12 awak, dan dinyatakan hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014.

Pada awalnya penyelidik Malaysia tidak menutup kemungkinan bahwa pesawat itu mungkin disengaja dibelokkan dari rutenya. Serpihan-serpihan pesawat ditemukan di sepanjang pantai Afrika dan di pulau-pulau di Samudra Hindia. Beberapa serpihan tersebut sudah dikonfirmasi dan yang lainnya diyakini berasal dari pesawat itu

Loke mengatakan perusahaan eksplorasi dasar laut Amerika, Ocean Infinity, diundang untuk membahas proposal pencarian terbarunya setelah dua upaya pencarian sebelumnya gagal.

“Pemerintah Malaysia berkomitmen untuk melakukan pencarian (MH370) dan pencarian harus terus berlanjut,” kata Loke, dikutip dari VoA Indonesia.

Malaysia melibatkan Ocean Infinity pada 2018 untuk melakukan pencarian di bagian selatan Samudera Hindia. Negeri Jiran itu bahkan siap membayar hingga $70 juta jika MH370 berhasil ditemukan.

Pada Januari 2017, Malaysia, China dan Australia menghentikan pencarian bawah air yang tidak berhasil selama dua tahun. Pencarian tersebut menghabiskan dana sebesar A$200 juta ($130,46 juta).

Loke menyatakan, setelah proposal Ocean Infinity disetujui oleh kabinet Malaysia, negaranya akan berdiskusi dengan Australia tentang kemungkinan kerja sama dalam melanjutkan pencarian.sinpo

Komentar: