KWP Beri Kontribusi Besar Bagi DPR

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 02 Maret 2024 | 19:06 WIB
Gelaran KWP Cup 2024 (Sinpo.id/KWP)
Gelaran KWP Cup 2024 (Sinpo.id/KWP)

SinPo.id -  Sebagai bagian yang tidak terpisahkan, Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi DPR RI. Khususnya dalam berbagai aktivitas DPR.

"Baik itu anggota fraksi, maupun institusi DPR dan menjadi pengetahuan khalayak lebih luas," kata Ketua Dewan Pembina KWP Cup 2024 Herman Khaeron di Lapangan Sepak Bola DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu, 2 Maret 2024.

Hal itu disampaikannya saat membuka Turnamen Mini Soccer KWP Cup 2024. Menurutnya, pemberitaan tersebut pada akhirnya bisa menyampaikan berbagai kinerja DPR dan para anggota.

"Pada akhirnya, KWP menjadi instrumen tidak terpisahkan dari institusi DPR. Untuk kegiatan seperti ini, saya tidak pernah absen dan selalu siap," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga memuji kinerja Ketua KWP Ariawan. Yang mana terus meningkatkan aktivitas KWP.

"Bukan hanya aktivitas berita, tetapi juga berbagai aktivitas seperti turnamen minisoccer, lomba memancing, lomba catur dan sebagainya. Saya sudah empat periode di sini, sepertinya Bung Ariawan yang sangat agresif dalam berbagai kegiatan," tandasnya.

Relevan
Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI tersebut menegaskan, kalimat men sana in corpore sano, masih relevan sampai saat ini. Karenanya, kata dia, olahraga harus menjadi penyeimbang dalam kehidupan.

"Jangan over melebihi kapasitas, sehingga tidak baik untuk diri kita sendiri. Dengan melaksanakan turnamen mini soccer, tentu menambah dan memperkaya kegiatan di lingkungan KWP," tegasnya.

Sebab, oleh raga menjadi bagian dari  penyeimbang kehidupan. Selain itu, olah raga juga merupakan bagian penting dalam perjalanan hidup.

"Saya akan terus mendukung apapun kegiatan KWP. Baik secara institusi maupun secara pribadi. Terlebih, masih banyak kegiatan lainnya," ucapnya.

Dia berharap, dengan banyaknya kegiatan di lingkungan KWP, semakin menambah soliditas awak media. Dimana pada akhirnya akan semakin efektif dalam memberitakan kegiatan-kegiatan DPR.

"Semakin penting, semakin masif, tentu masyarakat juga semakin tahu apa yang dilakukan oleh seluruh anggota DPR. Selamat mengikuti turnamen mini soccer, mudah-mudahan cuacanya mendukung," tambahnya.

Panas
Sebab, hujan deras yang turun merupakan bagian dari kelengkapan olahraga. Sebab bila tidak hujan, maka cuacanya sangat panas.

"Buktikan bahwa wartawan bukan hanya terampil di dalam menulis. Akan tetapi juga terampil di dalam mementaskan olahraga sepak bola, yang merupakan olahraga terpopuler di dunia," tuturnya.

Sehingga, meskipun kali ini adalah turnamen mini soccer, namun beritanya besar. Karena, beritanya bisa dibaca oleh ratusan juta orang.

"Karena, begitulah prinsip media. Bahkan, politik adalah persepsi adalah prinsip bagi politisi. Karena, sekalipun pesertanya hanya sedikit, tetapi kalau diberitakan secara masif oleh media massa, maka yang membaca akan lebih besar daripada yang hadir," terangnya.

Dikatakan, itulah manfaat dari keberadaan media. Karenanya, dia mengucapkan selamat mengikuti pertandingan.

"Pasti ada yang menang dan pasti ada yang kalah. Mohon maaf bagi yang kalah, agar tidak melakukan aksi-aksi lain," selorohnya.

Jumawa
Sementara bagi yang menang, tidak boleh jumawa. Bahkan kalau dapat hadiah, bagi-bagi dengan yang kalah.

"Saya kira dalam kontestasi dan dalam turnamen, menang kalah adalah biasa. Yang penting happy," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua KWP Ariawan mengucapkan terima kasihnya kepada 16 tim yang terdaftar dan mengikuti KWP Cup 2024.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih, karena sudah ikut mensukseskan dan berpartisipasi dalam KWP Cup 2024. Dimana kegiatan ini adalah turnamen minisoccer yang kedua diadakan," jelasnya.

Dia berharap, bukan hanya sampai yang kedua, tetapi juga terus berlanjut. Karena hal itu telah menjadi bagian upaya KWP untuk bisa bersinergi, berkolaborasi serta bersilaturahmi dengan semua wartawan

"Yakni dengan semua Pokja yang ada di se-Jabodetabek. Meskipun kita beda desk, beda tempat liputan, beda tempat ngepos, tapi pada prinsipnya adalah kita satu profesi. Yakni jurnalis atau wartawan," ujarnya.

Silaturahmi
Hal itu juga untuk mengakrabkan dan menjalin silaturahmi. Salah satunya dengan menggelar KWP Cup atau turnamen mini soccer.

"Saya berharap, Ketua KWP berikutnya dapat melanjutkan. Sehingga, kegiatan-kegiatan yang sifatnya bersinergi dan berkolaborasi serta membangun silaturahmi, akan terus dilanjutkan," tandasnta.

Hal itu sebagai upaya untuk dapat menjadi bagian keluarga besar wartawan yang ada di Jabodetabek. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia seluruh anggota KWP yang bekerja keras.

"Sehingga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan. Demikian juga bagi para sponsor, yang sudah dua tahun ini ikut membantu kegiatan-kegiatan KWP," ungkapnya.

Dia menjelaskan, KWP selalu membuat kegiatan yang bersifat sinergi dan berkolaborasi. Dimana pada tanggal 5 sampai tanggal 8 Maret akan mengadakan bazar UMKM.

"Teman-teman wartawan yang punya UMKM, bisa ikut bazar di DPR. Kita juga ikut ada kegiatan lomba jurnalistik yang setahun diadakan dua kali," paparnya.

Ikut
Kemudian, KWP akan mengadakan lomba mancing dan juga festival musik. Sehingga, wartawan yang punya band bisa mengikuti perlombaan.

"Dan setelah lebaran, akan diadakan turnamen golf. Jadi, wartawan yang biasa bermain golf, nanti ada perlombaannya," imbuh dia.

Adapun Ketua Panitia KWP Cup 2024 Novrizal Sikumbang menngungkapkan, setidaknya ada 16 peserta dari pokja wartawan se-jakarta. Kemudian, berbagai sponsor juga ikut berpartisipasi di dalam kegiatan tersebut

"Antara lain seperti Pupuk Indonesia, BRI, Indonesia Battery Corporation, Inalum dan Otoritas Jasa Keuangan. Saya mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta, tetap dukung sportivitas," tukasnya.sinpo

Komentar: