JK Kembali Terpilih Jadi Ketum DMI untuk Periode Ketiga

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 02 Maret 2024 | 17:57 WIB
Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla (SinPo.id/ DMI)
Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla (SinPo.id/ DMI)

SinPo.id - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk periode 2024-2029 pada Muktamar ke-VIII. Ini merupakan periode ketiga JK menjabat sebagai Ketum DMI.

Dalam sambutannya, JK mengaku tidak pernah meminta menjadi ketua, namun tidak akan mundur apabila dititipkan sebuah amanah.

"Saya tidak pernah meminta untuk menjadi ketua Umum DMI, tapi saya tidak akan mundur jika diserahi amanah," ujar JK di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu. 2 Maret 2024.

Dengan terpilih kembali menjadi Ketua DMI, JK mengajak umat Islam tidak hanya memakmurkan masjid, melainkan juga mensejahterakan masyarakat di sekitarnya.

Saat ini, tutur JK, jumlah masjid di Indonesia mencapai 800 ribu lebih. Angka ini lebih banyak dibandingkan negara-negara lainnya. Ada masjid komunitas masyarakat, masjid kantor, masjid sekolah, masjid persinggahan, dan masjid mal.

"Itu menandakan bahwa keimanan kita di negeri ini jauh lebih tinggi dibanding banyak negara-negara lain. Itulah tanda syukur kita," ujar dia.

Oleh karena itu, JK mengajak umat untuk menjadikan masjid sebagai tempat ibadah, muamalah, tarbiyah, dakwah, dan ukhuwah. Sehingga akan berefek pada masyarakat adil makmur.

"Jadi bukan hanya untuk ibadah muamalah yang penting. Ini yang selalu saya tekankan. Fungsi muamalah hubungan antar manusia, perniagaan, perdagangan, kemajuan antar manusia juga harus dibicarakan, tarbiyah, pendidikan. Karena itulah kita harus meningkatkan fungsi-fungsi ini," kata JK.sinpo

Komentar: