Survei LKPI: Dendi Suryadi Unggul di Pilkada Kukar 2024

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 02 Maret 2024 | 08:34 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/RRI)
Ilustrasi (Sinpo.id/RRI)

SinPo.id -  Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil penelitian survei Persepsi Masyarakat jelang Pemilihan Bupati Kutai Kartanegara 2024. Survei dilakukan untuk mengukur tingkat elektabilitas tokoh-tokoh bakal calon Bupati Kutai Kartanegara (Kukar).

Koordinator LKPI, Togu Lubis mengatakan berdasarkan temuan LKPI, dukungan tertinggi bakal calon Bupati Kutai Kartanegara jatuh pada sosok Dendi Suryadi mantan Kasdim dan Dandim Kukar serta mantan Danrem Samarinda.

"Lewat pertanyaan terbuka, jika Pilkada Kukar digelar hari ini, tokoh mana yang diinginkan sebagai Bupati Kukar pada Pilkada 2024, maka hasil jawabaanya nama Dendi Suryadi dipilih sebanyak 28,2 persen," kata Togu dalam rilisnya, Sabtu, 2 Maret 2024.

Selain nama Dendi, menyusul sejumlah nama lain dengan perolehan di bawah 20 persen.

"Edy Damansyah sebesar 18,1 persen; Rendi Solihin 15,6 persen; Abdul Rasid  3,6 persen; Awang Yacoub 2,6 persen; Seno Aji 1,9 persen; Alif Turiadi 1,7 persen; M. Andi Faisal 1,6 persen; Muhammad Syahrun 1,4 persen; Ali Hamdi 1,1 persen; dan yang belum memilih 24,2 persen," kata Togu.

Sedangkan dalam pertanyaan tertutup dengan pertanyaan serupa, nama Dendi Suryadi dipilih sebanyak 33,7 persen responden.

Kemudian disusul Edy Damansyah Bupati Kukar sebesar 22,3 persen; Rendi Solihin 14,6 persen; Abdul Rasid 4,7 persen; Awang Yacoub 2,3 persen;
Seno Aji 1,8 persen; Alif Turiadi 1,7 persen; M. Andi Faisal 1,6 persen; Muhammad Syahrun 1,4 persen; dan yang belum memilih 15,9 persen.

Togu menjelaskan,responden yang digunakan dalam survei ini sebanyak 900 warga Kukar dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 543.063 pemilih yang tinggal di 20 Kecamatan di Kabupaten Kukar.

"Penentuan Responden mengunakan metode Multistage Random Sampling dan hasil survei ini memiliki Margin of Error sebesar kurang lebih 3,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen, survei dilakukan sejak tanggal 19 -28 Februari 2024 ," jelasnya.

Menanggapi survei itu, Pengamat politik dan Universitas Mulawarman (UNMUL) Samarinda, Kalimantan Timur, Budiman, mengatakan bahwa unggulnya sosok Brigjen TNI Dendi Suyadi sebagai bakal calon Bupati Kukar, karena Dendi merupakan satu-satunya putra daerah, yang memiliki reputasi pernah menjabat sebagai Kasdim dan Dandim Kukar serta sekaligus pernah menjabat sebagai Danrem Samarinda.

"Jadi yang membuat Dendi Suryadi unggul di survei LKPI sebagai bakal calon Bupati 2024, karena Dendi merupakan putra daerah, dan juga mantan Dandim Kukar ," ujar Budiman saat dikonfirmasi terpisah.

Budiman mengakui bahwa Dendi Suryadi juga telah dikenal dan dekat dengan masyarakat Kukar, maka hal itu yang menjadi salah satu sebab mengapa Dendi Suryadi unggul di survei sebagai pilihan masyarakat Kukar.

"Dendi Suryadi juga telah dikenal dan dekat dengan masyarakat Kukar, maka itu yang menjadi salah satu Dendi Suryadi unggul di survei sebagai pilihan masyarakat Kukar," ucap Budiman.

Menurut dia, Dendi Suryadi juga telah memperlihatkan kinerja baik sebagai Dandim maupun Danrem untuk masyarakat Kukar. Bahkan masyarakat merasa nyaman dengan kepemimpinannya.

"Dendi Suryadi juga telah memperlihatkan kinerja sebagai Dandim untuk masyarakat Kukar. Bahkan masyarakat merasa nyaman," tukasnya.sinpo

Komentar: